Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Maknai.comCara Membuat Bubur Kacang Hijau, Kacang hijau merupakan sejenis palawija yang dikenal luas di sekitar daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk kedalam suku polong-polongan ini memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi.

Bagian dari kacang hijau yang bisa dikatakan paling bernilai ekonomi adalah bijinya. Biji dari kacang hijau ini bisa direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung. Biji matang yang digerus dan dijadikan sebagai isi onde-onde, bakpau, atau gandas turi.

Kacang hijau jika direbus cukup lama akan menjadi pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan keluar dan mengental, sehingga akan menjadi semacam bubur.

Selain itu, tepung biji kacang hijau yang biasa dikenal di pasaran sebagai tepung hunkue, dapat digunakan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Tepung ini juga bisa kamu olah menjadi mie soun.

Apa yang akan dibahas saat ini adalah terkait bubur kacang hijau, yang mana sangatlah terkenal di Indonesia. Bubur kacang hijau ini pasti kamu sudah pernah merasakannya, bahkan sering ketika kamu masih kecil.

Bubur kacang hijau ini merupakan salah satu makanan khas Nusantara yang paling digemari di Indonesia. Bubur kacang ini terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan menggunakan air serta gula aren bersama dengan seikat daun pandan.

Bahan-bahan tersebut nantinya dimasakn sampai benar-benar mendidih dan hingga kacang hijau menjadi lunak.

Setelah itu, bubur kacang yang sudah dibuat tadi ditambahkan dengan santan. Namun, beberapa versi menambahkan tepung tapioka ke dalam bubur kacang tersebut. Bubur kacang ini dapat dimakan ketika masih hangan maupun dingin.

Bubur kacang hijau ini bisa dikatakan termasuk kedalam resep jajanan tradisional yang sangat terkenal sejak beberaapa dekade yang lalu. Bahkan sering kamu lihat pedagang bubur kacang hijau keliling dengan sepeda lewat di depan rumah atau mungkin di depan sekolah.

Harga dari satu mangkok bubur kacang hijau ini dipatok cukup murah, biasanya para pedagang bubur kacang hijau mematok harga berkisar Rp. 3000 sampai dengan Rp. 5000.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya apabila kamu mencoba untuk membuat bubur kacang hijau sendiri. Yang kamu perlu lakukan hanya mempersiapkan bahan-bahannya saja dan ikuti cara praktis yang nanti akan saya berikan.

Jika kamu masih ragu ketika hendak mengkonsumsi bubur kacang hijau. Kamu dapat menyimak manfaat dari kacang hijaunya itu sendiri.

Manfaat dari Kacang Hijau

Perlu kamu ketahui, bahwasanya kacang hijau ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan juga merupakan sumber mineral yang amat penting, antara lain kalsium dan fosfor.

Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau ini sangatlah bermanfaat untuk memperkuat tulang kamu.

Kacang hijau juga mengandung kadar lemak yang rendah, dengan begitu sangat baik bagi mereka yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi.

Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau ini menjadikan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah berbau.

Lemak kacang hijau ini disusun berdasarkan 73% asam lemak tak jenuh dan juga 27% asam lemak jenuh.

Secara umum, kacang-kacangan memanglah mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Asupan lemak tak jenuh yang tinggi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat.

Kacang hijau juga mengandung vitamin B1 yang berguna sebagai pertumbuhan serta vitalitas pria. Maka dari itu, kacang hijau ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi kamu yang mungkin baru saja menikah.

Kacang hijau juga mengandung multi-protein yang berfungsi untuk mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan sel tubuh, dengan begitu, anak-anak dan wanita yang baru saja bersalin sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan bahan dari kacang hijau.

Sekarang kamu sudah tahu, manfaat dari kacang hijau itu sendiri. Dengan begitu, kamu tidak akan ragu lagi untuk mengkonsumsi bubur kacang hijau.

Ketika membuat bubur kacang hijau, kamu hanya memerlukan waktu mungkin sekitar beberapa menit saja hingga penyajiannya. Dengan begitu, waktu kamu tidak akan banyak terbuang ketika membuatnya.

Meskipun begitu, tetap saja kamu harus menggunakan bahan-bahan pilihan dan berkualitas bagus, terutama untuk bahan kacang hijaunya.

Kacang hijau yang berkualitas ketika kamu rendam kacang hijau tersebut akan tenggelam, namun sebaliknya, jika kualitasnya kurang bagus akan banyak kacang hijau yang mengambang.

Namun, terkadang kamu akan merasakan bubur yang dibuat sendiri kurang enak dan tidak seperti saat kamu membelinya di pedagang keliling.

Sebenarnya sih cara membuat bubur kacang hijau ini sangat mudah, kamu hanya memerlukan sedikit kesabaran saja dalam merebus kacang hijaunya.

Juga, dalam cara membuat bubur kacang hijau itu sendiri, terdapat tips dan trik agar hasil dari bubur kacang hijaunya menjadi lebih bagus dan lezat.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

bubur kacang hijau

Berikut merupakan resep cara membuat bubur kacang hijau sederhana dan lembut. Sehingga semua orang dapat menyantapnya dengan nikmat.

Bahan Utama:

– Siapkan kacang hijau sebanyak 250 gram
– Siapkan gula merah sekitar 100 gram
– Gula pasir kurang lebih 200 gram
– Jahe yang sedikit tua dan potong sekitar 3 cm
– Daun pandan 5 lembar untuk bubur kacang hijau dan untuk membuat santannya
– Garam dapur sekitar ½ sampai 1 sdt
– Buatlah santan kental yang terbuat dari setengah butir kelapa tua sekitar 2 gelas atau 400 ml
– Garam sekitar ½ sdt
– Air mineral sekitar 2 liter

Cara Membuat:

– Pertama, guna mempercepat proses pengerjaannya, mungkin ada baiknya kamu menyiapkan dua buah nyala api kompor. Namun satu kompor juga tidak masalah
– Selanjutnya, cucilah kacang hijau dan buang yang kurang bagus, seperti pecah, gepeng atau mungkin busuk, lalu lakukan perendaman sekitar 60 menit
– Setelah itu, rebuslah kacang hijau ke dalam panci dengan ukuran sedang atau mungkin kamu sesuaikan saja ukuran pancinya sampai tampilan kacang hijau pecah-pecah
– Guna mempersingkat waktu, ketika kamu merebus kacang hijau, mungkin kamu bisa merebus gula merah yang sudah disisir agar mudah larut dengan gula pasir menggunakan air secukupnya, lalu tunggulah hingga semua bahan menjadi benar-benar larut
– Sekarang, setelah bubur kacang hijau pecah-pecah, kamu masukkan air gula dengan cara di saring terlebih dahulu, kamu dapat menggunakan saringan yang biasa digunakan untuk menyaring santan kelapa
– Lalu, masukkan juga beberapa potong jahe yang sebelumnya di geprek, kemudian masukkan juga 3 lembar daun pandan
– Sementara yang lain di dalam tungku, rebuslah santan kental, garam dan daun pandan. Pastikan jangan sampai santan menjadi pecah.
– Setelah mendidih angkat dan tempatkan ke dalam wadah
– Sesudah beberapa lama kacang hijau tersebut direbus, sekarang kacang hijau sudah terlihat lebih halus dan lembut, jika sudah sesuai dengan keinginan kamu, angkatlah kacang hijau tersebut
– Sekarang bubur kacang hijau panas dan santan kelapa matang telah selesai,bubur kacang hijau pun siap disantap

Itulah resep cara membuat bubur kacang hijau yang dapat kamu praktekkan di rumah. Mudah sekali bukan membuat bubur kacang hijau itu? Selamat mencoba.

error: Maaf, jangan COPAS hihi