Cara Membuat Bubur Sumsum Tanpa Santan

Maknai.comCara Membuat Bubur Sumsum, Terdapat banyak sekali aneka resep masakan Indonesia yang dapat disajikan. Salah satunya adalah bubur sumsum yang sangat cocok disantap ketika siang hari dengan dicampur es balok.

Bubur sumsum merupakan makanan berupa bubur berwarna putih yang dimakan dengan kuah manis yang mana merupakan air gula merah. Makanan ini asli dari Indonesia yang juga dapat kamu temukan di Malaysia

Bubur sumsum merupakan makanan tradisional yang memiliki banyak pengemar baik di dalam masyarakat Indonesia hingga ke negara tetangga.

Untuk di negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Hongkong dan Taiwan, bubur sumsum biasanya diperkenalkan kepada masyarakat di negara tetangga tersebut oleh para Tenaga Kerja Wanita Indonesia yang tengah bekerja di negara tersebut.

Asal-usul Bubur Sumsum

Bubur sumsum ini berasal dari kebiasaan adat istiadat masyarakat yang ada di Pulau Jawa Indonesia. Pada perkembangannya, makanan tradisional bubur sumsum ini menjadi bagian dari kehidupan, adat istiadat dan budaya di sebagian besar masyarakat Indonesia.

Bukan hanya penduduk yang berada di Pulau Jawa saja yang terbiasa menyajikan dan mengkonsumsi bubur sumsum ini, ternyata penduduk di daerah lain yang sudah pernah merasakan nikmatnya bubur sumsum juga ikut menjadikan bubur sumsum ini sebagai makanan favorit mereka.

Nama bubur sumsum ini sebenarnya diambil dari penampilannya yang seperti sumsum tulang yang putih bersih.

Dikarenakan rasanya yang manis dan lembut, bubur sumsum ini dipercayai mampu mengembalikan stamina dan energi yang hilang akibat berbagai aktivitas.

Bahkan, ada beberapa orang yang menyukai menu bubur sumsum ini sebagai hidangan di waktu sarapan.

Bubur sumsum ini kerap disajikan pada perayaan selamatan rumah atau perayaan selamatan lainnya.

Selain daripada itu, bubur sumsum juga biasanya dihidangkan sebagai penutupan setelah ada hajat besar seperti setelah ada upacara dan perayaan pernikahan, kelahiran atau upacara-upacara besar lainnya.

Tradisi yang biasa menggunakan bubur sumsum itu sendiri adalah Tradisi Rewang.

Tradisi rewang merupakan salah satu bentuk dari solidaritas sosial. Secara bahasa solidaritas sosial yang dapat diartikan sebagai kebersamaan, kekompakan, kesetiakawanan, empati, simpati, tenggang hati dan tenggang rasa.

Aktivitas rewang ini merujuk kepada pelaksanaan sebuah hajat atau suatu acara. Semisal hajatan nikah, sunatan, selamatan rumah baru.

Tradisi rewang ini sebenarnya adalah suatu kegiatan mengumpulkan orang-orang atau warga masyarakat yang diundang oleh tuan rumah atau pemilik hajat tersebut.

Bagi masyarakat yang akan melaksanakan hajat, tradisi rewang adalah salah satu kegiatan yang dianggap penting, dikarenakan bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang dianggap berat atau rumit menjadi lebih mudah.

Bahkan karena rasanya yang manis itu pula, banyak orang yang menyajikan bubur sumsum ini sebagai menu berbuka puasa.

Perlu kamu ketahui, ada beberapa variasi resep cara membuat bubur sumsum, seperti resep bubur sumsum pandan, bubur biji salak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebenarnya, cara membuat bubur sumsum ini sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bubur ini sangat mudah didapat di toko kelontong maupun minimarket sekitar rumah.

Biasanya, kebanyakan orang lebih senang untuk menggunakan tepung beras yang siap saji yang dengan mudah ditemukan di toko-toko.

Akan tetapi, resep bubur sumsum enak yang asli biasanya menggunakan beras yang di tumbuk atau digiling terlebih dahulu.

Tidak ada perbedaan yang menonjol dari citarasa yang dihasilkan, namunn yang paling penting adalah kamu harus menggunakan tepung beras dengankualitas bagus dan tidak bau agar rasanya legit dan lezat.

Meskipun cara membuat bubur sumsum ini cukup mudah dan sederhana, namun tetap saja ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar hasilnya benar-benar sangat sempurna dan teksturnya lembut merata.

Beberapa kejadian yang kerap dialami oleh kebanyakan orang biasanya hasil bubur sumsum yang dibuat itu tidak lembut dan terdapat berupa gumpalan kecil tepung. Hal terseut terjadi karenakan proses pencampuran tepung berasnya yang tidak merata.

Agar kamu bisa mendapatkan hasil yang sempurna, sebaiknya kamu mencampurkan tepung berasnya terlebih dahulu dengan sebagian santan, setelah itu campur dengan santan lainnya yang sudah direbus.

Salah satu ciri khas dari resep bubur sumsum yakni dari aromanya. Maka dari itu jangan lupa untuk menggunakan daun pandan untuk campuran resep buburnya dan kuah gula jawa.

Bagi kamu yang suka dengan aroma kayu manis, bahan ini juga dapat ditambahkan ketika membuat saus gula.

Disamping itu, agar aroma dan rasanya legit, sebaiknya gunakanlah santan kental yang diperoleh dari perasan parutan kelapa.

Cara Membuat Bubur Sumsum Enak dan lezat

bubur sumsum

Berikut ini merupakan cara membuat bubur sumsum yang dapat kamu lakukan atau praktekkan di rumah dengan mudah.

Bahan Utama:

– 100 gram tepung beras kualitas bagus
– Santan kental yang alami kurang lebih sekitar 650 ml. Disarankan untuk menggunakan santan yang terbuat dari perasan buah kelapa agar lebih legit hasilnya
– Garam dapur beryodium secukupnya agar bubur sumsum lebih gurih
– Daun pandan dengan ukuran ukuran sedang, kurang lebih sebanyak 6 lembar. Nantinya 3 lembar digunakan untuk membuat buburnya, 2 lembar untuk campuran saus gulanya dan 1 lembar untuk membuat kuah santannya.
– Gula merah atau gula jawa sekitar 250 gram. Potong sisir halus gula agar nanti kamu mudah saat dimasak menjadi saus gulanya
– Santan kental untuk membuat kuah santannya kurang lebih sebanyak 200 ml saja.
– Garam dapur beryodium untuk campuran kuah santannya sedikit saja

Cara Membuat:

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat bubur nya terlebih dahulu
2. Sisihkan 650 ml santan kental yang sudah disiapkan tadi menjadi dua bagian. Satu bagian dimasukkan ke dalam panci bersama daun pandan, lalu kamu masak dengan api sedang kecil. Jangan lupa untuk tetap mengaduknya
3. Ambil satu wadah lagi dan tuang bagian santan yang sudah disisihkan tadi dengan tepung beras dan juga masukkan setengah sendok garam. Aduklah ketiga bahan hingga benar-benar tercampur dan merata, hingga tidak ada gumpalan dari adonan tersebut
4. Selanjutnya, masukkan dan tuangkan adonan tepung beras dengan santan tadi ke dalam panci santan yang tengah direbus. Aduk kembali agar seluruh bahan tercampur merata dan tidak ada gumpalan
5. Sekarang, Masaklah bubur sumsum hingga matang dan tanak atau tidak tercium aroma tepung berasnya. Aduk terus adonan hingga mengental dan biasanya terdapat letupan pada buburnya
6. Setelah matang, angkat dan dinginkan terlebih dahulu sebelum disajikan
7. Setelah itu, kamu ambil satu panci kecil, lalu masukkan santan kentalnya, 1 lembar daun pandan dan sedikit garam dapur beryodium. Lalu, aduk sampai benar-benar matang, setelah itu angkat dan dinginkan
8. Masukkan gula merah yang sudah disisir halus dan daun pandan yang sudah disimpul lalu beri air secukupnya kurang lebih sekitar 100ml – 120ml, aduklah sampai semua gula larut dengan airnya
9. Bubur Sumsum siap disantap

Itulah resep cara membuat bubur sumsum sederhana dan mudah. Selamat mencoba.

error: Maaf, jangan COPAS hihi