Cara Membuat CV (Curriculum Vitae ) Supaya di Terima Oleh Perusahaan

Cara Membuat CV (Curriculum Vitae ) Supaya di Terima Oleh Perusahaan

Maknai.com – Pastinya bagi anda para pencari kerja, tak lupa untuk cara membuat CV (curriculum vitae ) yang nantinya disertakan dalam surat lamaran kerja. Kedua hal ini sangatlah penting ketika anda ingin mendapatkan sebuah pekerjaan.

Alangkah baiknya anda bisa membuat curriculum vitae yang mampu menarik perhatian dari bagian HRD sebuah perusahaan. Sebetulnya cara membuat CV ini terbilang mudah jika anda sudah mengetahui apa saja rangkaian kata yang ada di dalamnya. Buatlah semenarik mungkin CV anda supaya bisa menjadi pertimbangan untuk bagian HRD perusahaan.

Bekerja memang menjadi tuntunan bagi kita manusia terlebih menjadi seorang karyawan atau bahkan pengusaha sekalipun. Kita bekerja tentu saja untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Sebenarnya dalam melamar sebuah pekerjaan ini terbilang gampang-gampang susah.

Salah satu hal yang paling berperan tentu saja surat lamaran kerja. Apabila anda menjadi seorang lulusan akademis, professor atau bahkan peneliti tentu saja membutuhkan yang namanya curriculum vitae yang biasa disingkat dengan CV. Curriculum vitae ini merupakan salah satu komponen penting dari surat lamaran kerja.

Dulunya siapapun yang ingin melamar pekerjaan, CV pun harus dibuat dengan kualitas yang bagus serta disampul semenarik mungkin. Namun kemudahan yang hadir dari dunia teknologi semakin memudahkan para pelamar kerja untuk mengirimkan CV mereka melalui email. Yang terpenting anda mengerti cara membuat CV yang mampu membuat anda bisa diterima dalam sebuah perusahaan.

Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik

Curriculum vitae adalah daftar riwayat hidup seseorang atau sebuah dokumen yang mampu memberikan sebuah gambaran mengenai pengalaman serta kualifikasi dari seseorang. Sering kali CV ini dipergunakan untuk menentukan posisi kerja sementara untuk seorang karyawan. Bisa dikatakan disesuaikan dengan keahlian yang sudah tercantum dalam CV tersebut. Meskipun isinya terbilang begitu singkat. Cara membuat CV memang terbilang sedikit mudah jika anda mengetahui urutannya serta apa saja isi yang ada didalamnya.

Ketika anda melamar sebuah pekerjaan tentunya memerlukan berbagai macam hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari surat lamaran kerja sekaligus juga perlu melampirkan daftar riwayat hidup. Biasanya CV ini diminta oleh sebuah perusahaan yang sedang menyediakan lowongan kerja.

Dengan adanya CV ini maka perusahaan pun akan semakin dimudahkan dalam hal evaluasi kompetensi atau bahkan kemampuan yang dimiliki oleh pelamar kerja. Perusahaan memang akan mencari seorang kandidat yang dirasa relevan bahkan juga sesuai dengan posisi yang sedang kosong.

Melalui curriculum vitae ini maka profile kehidupan pelamar bakalan tercermin dengan singkat bahkan sudah tergambar didalamnya. Termasuk dengan pengalaman kerja sebelumnya bahkan juga riwayat pendidikan anda sehingga bisa dijadikan sebuah referensi untuk perusahaan ketika melakukan wawancara kerja. Biasanya CV yang kurang menarik membuatnya tidak diminati oleh pihak HRD. Jadi alangkah baiknya anda mengetahui cara membuat CV yang baik dan benar.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara membuat CV, alangkah baiknya anda memperhatikan berbagai macam langkah berikut ini:

* Melakukan job research

Sebelum akhirnya anda membuat curriculum vitae, maka langkah pertama yang perlu anda lakukan tsebagai cara membuat CV tentu saja dengan mencari sebuah informasi hingga mendetail mengenai perusahaan sekalius jenis pekerjaan yang ingin anda lamar. T

entu saja jenis pekerjaan yang anda cantumkan haruslah sesuai dengan bidang yang paling anda minati. Kini pencarian bisa dilakukan via online atau bahkan menanyakan informasinya kepada teman maupun kenalan anda.

Ada baiknya segera mencaat beragam informasi yang ada kaitannya dengan segala persyaratan pelamar. Seperti halnya dalam hal keahlian, kualifikasi pekerjaan, usia bahkan tak jarang pula sebuah perusahaan yang mencari pekerja yang sudah berpengalaman.

Tak hanya itu saja, anda juga perlu mencari informasi mengenai visi, misi sekaligus nilai sekaligus etos kerja dalam perusahaan tersebut. Melalui beragam informasi tersebut kini anda bisa menyaring perusahaan mana yang dirasa cocok untuk dijadikan pilihan.

* Mengetahui isi dari CV secara umum

Mungkin saja sebagian besar orang sudah mengetahuinya, akan tetapi untuk fresh graduate informasi tersebut pastinya bisa memberikan sebuah gambaran akan riwayat hidup yang nantinya akan anda cantumkan. Alangkah baiknya anda lebih berhati-hati dalam hal penyusunannya supaya bisa berurutan dan tidak membuat pembaca kebingungan. Terlebih untuk pihak HRD yang menilai bagaimana kualitas CV yang sudah anda buat ini.

Pada umumnya konten yang hadir dalam curriculum vitae itu terdiri dari berbagai macam bagian, yakni:

1. Identitas diri biasanya berisikan nama lengkap, alamat, nomor telepon dan juga alamat email.

2. Pendidikan mencakup pendidikan terakhir, jurusan sekaligus IPK.

3. Personalitas biasanya menggambarkan secara singkata bagaimanakah karakter yang ada dalam dirinya.

4. Keterampilan tentu saja menjelaskan tentang ketrampilan yang sudah dimiliki.

5. Proyek dan pengalaman kerja mencakup hal yang telah diselesaikan pada pekerjaan sebelumnya .

6. Training atau pelatihan menyebutkan pelatihan apa saja yang pernah anda ikuti dalam kurun waktu 2 hingga 3 tahun terakhir ini.

Jadi alangkah baiknya anda mengerti mengenai urutan atau bahkan isi dari curriculum vitae ini. Jangan sampai format yang anda buat kurang menarik hati bagian HRD sebuah perusahaan.

* Mulai membuat CV

Cara membuat CV yang menarik biasanya tergantung pada relevansi isinya bahkan juga desainnya. Alangkah baiknya anda bisa membuat sebuah desain yang mudah untuk dibaca, terlihat minimalis

bahkan juga mempunyai layout yang terkesan begitu rapi. Saat ini banyak sekali tersedia beragam contoh desain CV yang bisa anda pergunakan sebagai contoh. Lebih baik anda bisa memilih desain yang kesannya lebih sederhana dengan adanya kombinasi warna yang dirasa sudah pantas dan mudah dipahami oleh pembaca.

Saat desain yang telah dipilih dirasa oke, maka hal pertama yang perlu anda tuliskan tentu saja harus sesuai dengan panduan isi secara garis besarnya. Ada baiknya jelaskan dengan detail, singkat bahkan juga mudah dipahami. Sehingga mereka yang membacanya tidak akan merasa bingung dengan isi dari curriculum vitae yang sudah anda jelaskan tadi.

* Membaca ulang sekaligus memperbaiki jika ada kesalahan pada CV

Cara membuat CV yang selanjutnya tentu saja bisa anda tempuh dengan meminimalkan adanya kesalahan bahkan juga memastikan bahwa curriculum vitae yang sudah anda buat ini telah tersusun dengan rapi. Pastinya sangat disayangkan lagi apabila cv yang telah anda buat ternyata kurang menarik bahkan juga terjadi kesalahan semisal saja adanya salah ketik. Sebaiknya anda cek kembali mulai dari tata bahasa sekaligus ejaan yang dirasa salah dan pergunakan kalimat yang jelas, singkat bahkan juga efektif. Usahakan pula menggunaka kata maupun kalimat yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia.

* Menganalisis curriculum vitae

Ketika menganalisa sebuah CV maka anda bisa berperan seolah menjadi seorang HRD yang nantinya akan membaca CV yang sudah dibuat. Supaya penilaiannya lebih objektif lagi kini anda harus mengesampingkan diri anda sendiri bahkan bisa berperan sebagai bagian HRD yang sedang merekrut seorang pelamar kerja. Bisa juga dengan meminta bantuan kepada teman supaya mampu menilai curriculum vitae yang sudah dibuat untuk memberikan penilaiannya.

Itulah tadi berbagai cara membuat CV yang perlu anda perhatikan supaya nantinya mampu menarik hati bagian HRD perusahaan yang anda lamar. Alangkah baiknya anda bisa memperhatikan rangkaian langkahnya dengan baik. Terutama dalam hal isi cv haruslah menarik bahkan juga sesuai dengan urutannya. Jangan sampai bahasa yang anda jadikan pilihan terlalu berbelit sehingga membuat si pembaca merasa bingung. Dalam pembuatan CV ini, anda perlu membuat isinya semenarik mungkin dengan kalimat yang padat, jelas bahkan juga singkat.

Fungsi dan jenis dari curriculum vitae

Lantas apa sajakah sebetulnya fungsi dari CV dalam melamar pekerjaan? Tentunya banyak yang masih merasa penasaran dengan fungsinya. Sebetulnya fungsi dari CV ini untuk memperkenalkan diri anda secara tertulis mengenai data diri anda bahkan juga latar belakang yang sudah anda miliki kepada pihak perusahaan yang sedang anda tuju. Untuk itulah mengapa surat lamaran sekaligus curriculum vitae perlu dibuat semenarik mungkin entah dari segi isi surat bahkan juga kemasannya sekalipun.

Saat ini banyak para pencari kerja entah sarjana atau bahkan yang baru lulus tidak mengenal yang namanya curriculum vitae. Sehingga mereka pun tidak bisa mendaoatkan manfaatnya secara

maksimal. Sebetulnya sesuatu yang efektif itu berorientasi pada manfaat dan juga tujuannya. Dan berikut inilah beberapa jenis dari CV yang perlu anda perhatikan, yakni:

* CV berdasarkan pada tujuan

Jenis CV yang satu ini tentu saja lebih bergantung pada sebuah tujuan, perusahaan yang akan dituju atau bahkan bidang kerja yang anda inginkan. Segala hal yang tidak ada kaitannya dengan tujuan, tidak perlu anda cantumkan didalamnya. Untuk itulah dalam membuat CV perlu memiliki sebuah tujuan yang lebih jelas.

* CV berdasarkan pada ketentuan

Jenis CV ini pada stukturnya sudah ditentukan oleh sebuah perusahan yang telah menyediakan lowongan kerja dengan posisi tertentu. Biasanya untuk jenis CV ini dipergunakan untuk melamar sebagai PNS, militer, BUMN atau bahkan perusahaan konservatif yang lainnya. Biasanya ada sebuah form yang telah tersedia sehingga anda hanya perlu mengisinya.

Kesalahan yang sering dilakukan ketika membuat CV

Dengan memperhatikan berbagai macam penjelasan mengenai Curriculum Vitae ini. Saya rasa anda sudah memiliki gambaran mengenai cara membuat CV yang menarik. Alangkah baiknya anda bisa mempelajari beragam contoh CV yang telah tersedia di internet. Perhatikan setiap point yang ada, pastikan anda mengerti cara membuat CV yang menarik minat bagian HRD perusahaan.

Hindarilah segala kesalahan yang mungkin anda lakukan selama membuat curriculum vitae ini. Sebetulnya banyak orang mengalami beragam kesahan ini dalam pembuatannya yakni:

1. Font terasa kurang nyaman di baca

Perlu anda ketahui bahwa jenis maupun ukuran font ini harusnya bisa anda perhatikan dengan lebih cermat. Ada baiknya anda menulis sesuai dengan ukuran yang tepat. Tidak ada salahnya anda pergunakan font 11 yang dinilai tidak akan membuat anda merasa lelah saat membacanya.

2. Warna yang dipilih terlalu mencolok

Ada kalanya mata pembaca terasa lelah ketika warna yang anda pilih begitu mencolok. Sebaiknya anda pergunakan saja warna yang lembut sehingga terasa nyaman sekali dimata. Jangan sampai warna yang dijadikan pilihan terlalu kontras.

3. Kebanyakan typo

Kesalahan inilah yang sering dialami banyak orang saat membuat CV. Adakalanya mereka sering sekali typo dalam membuat CV. Padahal hal ini harus anda cermati dengan benar. Bisa juga anda lakukan pengecekan ulang supaya terlihat kesalahan saat typo.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai cara membuat CV yang bisa anda jadikan sebagai arahan. Bagaimanapun juga kehadiran CV ini untuk melengkapi lamaran pekerjaan yang sudah anda buat sebelumnya.

error: Maaf, jangan COPAS hihi