Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis dan Manual yang Paling Mudah

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis dan Manual yang Paling Mudah

Maknai.comCara membuat daftar isi adalah suatu komponen wajib yang harus ada dalam sebuah skripsi, buku, jurnal atau bahkan makalah sekalipun. Tetapi sayangnya kebanyakan orang masih belum mengerti bagaimana cara membuat daftar isi yang benar secara manual atau bahkan otomatis.

Banyak orang yang membuang waktunya hanya untuk membuat daftar isi secara manual. Sebetulnya secara garis besar cara membuat daftar isi ini telah terbagi menjadi dua langkah yakni menentukan judul sekaigus sub judul yang ingin dimasukkan dalam daftar isi. Dan yang kedua pastinya perintahkan word untuk membuat daftar isi tersebut berdasarkan pada judul maupun sub judul yang telah tersedia.

Bagaimanapun juga pembuatan daftar isi ini harus anda ketahui langkah caranya. Jangan sampai saat dibutuhkan, anda sama sekali tidak mempunyai gambaran mengenai hal tersebut. Tetapi menariknya kini anda bisa mendapatkan informasi mengenai cara pembuatannya dari media internet. Berbeda halnya dengan sebuah karya tulis ilmiah, maka pembuatan daftar isi pun juga harus lebih rapi.

Dengan adanya daftar isi ini maka para pembaca pun semakin dimudahkan dalam hal pencarian judul sekaligus halaman yang ingin di tuju. Apabila dalam sebuah daftar isi belum tercantum nomor halaman, maka daftar isi ini pun belum bisa kita sebut sebagai daftar isi. Yang pasti dengan hadirnya cara membuat daftar isi ini bisa memudahkan siapapun untuk membuatnya.

Langkah Cara Pembuatan Daftar Isi Secara Otomatis

Cara membuat daftar isi memang terbagi menjadi dua cara. Kali ini kita akan membahas lebih dahulu mengenai pembuatan daftar isi secara otomatis. Tentu saja cara yang satu ini terbilang lebih mudah dan juga cepat. Langkah awal yang perlu anda lakukan sudah pasti menentukan gile yang nantinya akan dibuat sebagai daftar isi. Bukalah file tadi kemudian ikutilah beragam langkah berikut ini:

* Menentukan heading 1, heading 2 dan seterusnya. Penentuan heading ini biasanya bertujuan untuk menentukan judul maupun sub judulnya. Pada paragraf sebelumnya telah dijelaskan bahwa heading 1 ini merupakan penentu judul. Sehingga anda hanya perlu menandakan manakah yang akan dijadikan judul. Cukup dengan menandai judulnya baru kemudian klik saja heading 1.

* Supaya bisa membuat judul yang letaknya berada di tengah maka hal yang perlu dilakukan hanya perlu mengklik symbol center.

* Jika sudah selesai dengan menandakan judul heading 1, kini sudah saatnya untuk beralih pada sub-judul dengan menandakan pada heading 2. Cara yang perlu anda lakukan pun juga sama seperti tadi.

* Apabila anda ingin membuat suatu sub-judul untuk sub-judul pada heading 2 maka anda hanya mampu menggunakan heading 3.

* Jika sudah selesai maka anda bisa melanjutkannya dengan membuat daftar isi secara otomatis. Cara yang harus ditempuh sangat mudah sekali. Sebaiknya anda pastikan dimana posisi daftar isi yang paling tepat. Kemudian klik saja REFERENCE kemudian baru dengan klik Table of contents.

* Alangkah baiknya memilih salah satu antara Automatic table 1 atau Automatic table 2 baru kemudian secara otomatis daftar isi ini bisa terbentuk dengan sendirinya. Kini pembuatan daftar isi pun sudah selesai secara otomatis.

Tentunya cara otomatis ini terbilang lebih mudah sekali bahkan juga semua orang bisa melakukannya. Namun perlu anda ketahui pula bahwa cara membuat daftar isi ini juga bisa anda tempuh secara manual. Mungkin kesannya cara manual ini membutuhkan waktu yang lebih lama. Supaya lebih jelas lagi, sebaiknya anda perhatikan uraian di bawah ini.

Cara Membuat Daftar isi dengan cara manual

Ternyata dalam membuat daftar isi bukan hanya bisa dilakukan secara otomatis saja melainkan juga ada sebuah layanan pembuatan daftar isi melalui cara manual. Kelebihan yang bisa anda dapatkan dari cara ini tentunya anda lebih bebas lagi dalam mengedit terlebih untuk penempatan nomor yang ada dalam daftar isi yang telah dibuat. Hanya saja jika pembuatannya ini dilakukan secara manual, seharusnya bisa membuat anda lebih teliti terlebih dalam hal penomoran halaman. Berikut inilah cara membuat daftar isi yang bisa dilakukan secara manual yakni:

* Mempersiapkan dokumen yang akan dibuat dalam daftar isi. Selanjutnya bisa memilih reference-table of contents-manual table. Dengan begitu secara otomatis bakalan muncul bentuk dari daftar isi yang anda buat.

* Anda pun bisa memulai segala ketentuan dari berbagai macam hal yang perlu anda hadirkan dalam daftar isi. Caranya tentu saja mudah sekali, hanya dengan mengklik bagian Type chapter title 1 kemudian ketik saja judulnya.

* Ketika sudah selesai menempatkan judul pada bagian daftar isi. Kini dilanjutkan dengan sub-judulnya. Caranya tentu masih sama, hanya perlu melakukan copy paste pada bagian type chapter title 2.

Dengan cara manual ini anda bisa lebih leluasa dalam melakukan pengeditan. Sebaiknya and a perhatikan saja penoromoran halamannya. Cara ini semuanya memang ditempuh secara manual sehingga berbeda sekali dengan cara otomatis.

Adakalanya kita tidak menyukai tampilan dari judul maupun sub judul yang ada dalam daftar isi. Semusal saja dari segi warna, jarak, ukuran,bahkan jenis hurufnya. Sebetulnya cara mengubahnya mudah sekali hanya dengan melakukan pengubahan pada bagian heading. Yang perlu anda ingat, jangan sampai mempergunakan sebuah opsi format>paragraph>font sebab nantinya bisa merusak bagian penyusunan.

Tips supaya mampu membuat daftar isi lebih sempurna

Dengan berbagai macam cara membuat daftar isi melalui dua cara idtas, kini anda pastinya sudah mampu membuatnya dengan baik dan juga benar. Bahkan kini berbagai tips pun bisa ditambahkan supaya pembuatannya tadi terbilang lebih sempurna lagi. Adapun untuk trik lain dalam membuat daftar isi yang lebih sempurna yakni sebagai berikut:

Mengupdate daftar isi

Perlu anda ketahui bahwa daftar isi tidak mampu melakukan update secara otomatis ketika anda tambahkan subjudul maupun judul yang baru. Untuk itulah mengapa anda perlu melakukan update secara manual. Caranya cukup mudah sekali hanya dengan menaruh kursor yang ada dalam daftar isi kemudian tekan saja F9. Bahkan bisa juga melakukan pembaruan dengan cara lainnya yakni dengan membuka references>update table kemudian pastikan bahwa anda selalu memilih opsi update entire table. Semuanya tergantung dengan diri anda sendiri lebih mudah menggunakan cara yang mana.

Menoton video latihan yang ada pada microsoft

Apabila anda sedang menggunakan word 2003 maka Microsoft sudah menyediakan sebuah video tutorial mengenai cara membuat daftar isi secara otomatis. Kini anda bisa dengan mudah mempelajarinya melalui video yang sudah ada. Tentunya pembelajaran melalui sebuah video ini bisa membuat anda semakin paham mengenai cara membuat daftar isi yang baik dan benar.

Membedakannya dengan teks lain

Adakalanya daftar isi yang sudah dibuat akan dianggap sebagai field bukan sebagai teks biasa. Supaya bisa membedakannya tentu saja anda bisa membuat field tadi menjadi warna abu-abu. Biasanya warna itu tidak bakalan tercetak dalam dokumen melalui printer. Supaya bisa tercetak dengan sempurna maka anda bisa melakukan beragam cara berikut ini:

* Word 2007 bisa dilakukan dengan membuka logo office kemudian pilih saja word options>advanced. Kemudian setelah itu pada bagian show document content bisa merubah field shading menjadi always.

* Word 2003 dan juga sebelumnya dengan cara membuka Tools>options>view baru dilanjutkan dengan merubah opsi field shading dengan always.

* Word 2010 ketas bisa dilakukan dengan membuka file>options>advanced. Kemudian pada bagian show document content bisa anda rubah dari field shading menjadi always.

Itulah tadi berbagai macam langkah mudah yang bisa anda lakukan dalam membuat tabel secara otomatis jika menggunakan Microsoft word. Dengan mengikuti berbagai macam cara yang telah tersedia maka hasil pembuatan daftar isi anda menarik bahkan juga benar. Bahkan kini anda tidak perlu membuang banyak waktu anda hanya untuk menulis daftar isi secara manual apalagi jika dokumen yang anda miliki terlalu panjang pastinya sangat melelahkan sekali.

Betapa pentingnya daftar isi dalam karya tulis atau makalah

Daftar isi yang ada dalam sebuah karya tulis ilmiah atau bahkan skripsi memang mempunyai fungsi yang begitu penting. Sebab didalamnya telah berisi berbagai macam informasi penting mulai dari bab, sub-bab, isi sekaligus halaman dari makalah yang sudah dibuat.

Dengan begitu para pembacanya akan merasa lebih mudah ketika mencari topic sekaligus materi yang akan dibahas. Bahkan pencantuman daftar isi ini ternyata juga mampu memudahkan anda dalam hal penyusunan sebuah makalah sehingga urutannya bisa tersusun dengan rapi. Mengingat fungsinya ini pastinya dalam hal penulisannya harus jelas dan juga lebih informatif.

Jangan sampai dalam penulisannya hanya asal-asalan saja atau bisa dibilang tidak rapi sebab bisa menyulitkan para pembacanya ketika menganalisa isi dari sebuah makalah. Apalagi untuk makalah yang memiliki jumlah halaman cukup banyak, gak kebayang gimana jadinya jika tidak tersedia daftar isi.

Pastinya kita pun membutuhkan banyak waktu hanya untuk mencari bab yang kita inginkan. Dengan daftar isi ini semuanya terasa semakin mudah untuk para pembacanya. Cara membuat daftar isi ini maka anda juga perlu memperhatikan kaidah sekaligus aturan yang sudah berlaku.

Apabila sampai saat ini anda masih merasa kesulitan dalam hal pembuatan daftar isi yang baik dan juga benar. Alangkah baiknya anda perhatikan berbagai macam contoh pembuatannya yang telah tersedia di internet atau bahkan media lainnya.

Yang perlu anda perhatikan tentu saja dalam hal penulisan halaman perlu disesuiakan dengan isi, bab maupun sub bab yang ada didalamnya. Ingat, sebaiknya daftar isi yang baik itu merupakan daftar isi yang bisa memberikan informasi sekaligus memudahkan para pembaca untuk mengetahui apa saja isi dari sebuah karya ilmiah ataupun makalah.

Dengan berbagai macam cara membuat daftar isi yang sudah tersedia diatas, semoga saja anda semakin dimudahkan lagi dalam pembuatannya. Bahkan menariknya lagi anda pun semakin lancar dalam membuat daftar isi secara baik dan benar. Memang dalam pembuatannya, anda perlu lebih teliti lagi.

Jangan sampai anda hanya asal-asalan tanpa memperhatikan berbagai pedoman yang ada. Semoga saja bisa bermanfaat bagi anda yang sedang bingung mencari cara pembuatan daftar isi yang baik dan benar. Entah itu secara otomatis atau bahkan melalui cara manual sekalipun.

error: Maaf, jangan COPAS hihi