2 Cara Membuat Pastel Empuk dan Renyah

0
Cara Membuat Pastel

Maknai.comCara Membuat Pastel ini adalah makanan sejenis pastri yang dibuat dengan meletakkan isian di atas adonan, setelah itu, pastel dilipat dan ditutup rapat. Pastel juga dapat terasa manis atau gurih tergantung dari isian yang kamu masukkan. Pastel dapat dijadikan sebagai makanan yang mudah dibawa kemana saja, sama halnya seperti sandwich.

Pastri manis ini umumnya berisikan buah-buahan dan terbaut dari adonan pastri tipis atau puff pastri. Sedangkan pastri gurih, umumnya berisikan daging dan sayuran dan dapat dibuat dengan berbagai macam adonan. Pastel biasanya dipanggang, akan tetapi tidak sedikit juga yang digoreng.

Asal-Usul Pastel

Pastel ini berasal dari nama Empanada. Empanada merupakan roti isi atau pastry panggang atau goreng yang sudah tersedia di banyak negara di Amerika Latin, Eropa Selatan dan bagian dari Asia Tenggara.

Namanya ini berasal dari kata kerja empanar yang artinya bungkus atau mantel di dalam roti.

Empanada dibuat dengan melipat adonan roti atau biasa disebut patty di sekitar isiannya. Seperti yang sudah saya katakan tadi, Isiannya sedndiri dapat terdiri dari berbagai daging, keju, huitlacoche, sayuran atau mungkin buah-buahan.

Makanan ini dibawa ke Amerika Latin dan Filipina oleh kolonial Spanyol dan datang ke Indonesia oleh para Portugis yang mana mereka tetap populer hingga saat ini. Makanan bernama Empanadas memiliki memiliki variasi isian baik itu di Amerika Latin, Filipina maupun Indonesia.

Di Indonesia sendiri, makanan ini dikenal sebagai panada atau pastel. Sedangkan versi Sulawesi Utara, dikenal dengan panada.

Panada ini memiliki kerak tebal yang terbuat dari roti goreng, memberikan tekstur roti kemudian isinya diisi dengan tuna pedas dan cabai.

Sedangkan variasi lain yang semakin sedikit pedas disebut dengan nama pastel, memiliki kerak tipis membuatnya lebih renyah dan juga suatu tambalan yang biasanya terbuat dari kentang potong dadu, wortel, daun bawang, ayam, bawang putih, dan lada putih. Beberapa orang terkadang menambahkan soun.

Sebuah variasi yang bisa dikatakan kurang umum juga dapat ditemukan, yang mana isinya diisi dengan ayam kari dan kentang dengan satu telur puyuh.

Ada juga variasi lain dari pastel adalah pastel tutup yang terbuat dari kentang tumbuk, pastel tutup ini tidaklah digoreng, melainkan dipanggang.

Kue pastel ini bisa dikatakan sangatlah fleksibel, bisa dibuat untuk jenis pastel basah atau mungkin pastel kering yang renyah.

Hal ini juga tergantung dari isian dan dari cara akhir memasaknya, apabila diisi dengan sayuran atau telur, kamu bisa menjadikannya menjadi pastel basah.

Apabila ingin membuat pastel kering, biasanya diisi dengan abon dan digoreng hingga benar-benar kering.

Isinya sendiri, pada umumnya pastel berisikan telur, ayam, bihun dan wortel. Bisa juga daging sayuran, kentang atau juga bisa tomat, tergantung selera kamu sendiri.

Makanan bernama pastel ini sangat digemari oleh anak-anak, untungnya pastel juga sangat bergizi jika dilihat berdasarkan dariisinya.

Ada 2 tahapan untuk membuat pastel, yakni membuat kulit dan isi, namun kamu juga memberikan yang ke 3 yakni saus.

Untuk masalah kulit, kamu bisa membeli yang sudah siap pakai, jika kamu pikir terlalu ribet untuk membuat sendiri.

Cara Membuat Pastel Enak dan Lezat:

Berikut ini merupakan cara membuat pastel yang mudah dan bisa kamu praktekkan sendiri di rumah.

Cara Membuat Pastel Goreng

pastel goreng

Bahan untuk Kulit:

– ¼ kg terigu biasa
– 1 butir telur
– 3 sdm margarin
– ½ sdt garam
– 60 ml air

Bahan untuk Isian:

– 1 buah wortel yang sudah dipotong kecil atau dipatur kasar
– 3 butir telur rebus, masing-masing sudah dibagi menjadi empat bagian
– ½ dada ayam fillet, direbus lalu suwir-suwir
– ¼ kg bihun, siram dengan air panas lalu tiriskan
– ¼ sdt merica bubuk
– ½ sdt gula pasit
– ¾ garam

Bahan untuk Bumbu Halus:

– 7 buah bawang merah
– 6 siung bawang putih

Bahan untuk Saus:

– 2 sdm sambal bangkok
– 1 sdm sambal belibis
– 1 sdm air matang

Cara Membuat:

1. Pertama adalah isian. Panaskan minyak sebentar, lalu tumislah bumbu yang sudah dihaluskan hingga mucul aroma harum
2. Selanjutnya, masukkan wortel dan ayam yang sudah kamu suwir-suwir tadi dan aduk hingga wortel menjadi setengah layu.
3. Setelah itu, masukkan garam, gula dan merica, masak hingga matang. Ketika hendak diangkat, masukkan bihun terlebih dahulu, lalu aduk hingga merata
4. Sekarang bagian pembuatan kulitnya. Kocok telur terlebih dahulu, lalu masukkan semua bahan kulit, aduk hingga tercampur rata.
5. Bentuk adonan menjadi tipis mengunakan sebuah gilingan mi, kemudian mulailah dari ketebalan nomor 1 yang paling tebal. Lalu giling kembali hingga menncapai ketebalan yang paling tipis yakni nomer 5.
6. Lalu, cetak lah dengan cetakan kulit pastel atau jika tidak punya, kamu bisa menggunakan gilingan kayu, usahakan benar-benar rata dan tipis
7. Setelah bagian kulit selesai, kamu masukkan bagian isi yang sudah ditumis tadi, kemudian tambahkan sepotong telur. Lipat dan dipilin tepinya
8. Setelah itu, panaskan minyak goreng hingga menjadi benar-benar panas, lalu matikan apinya, kemudian masukkan pastel, aduk-aduk terlebih dahulu
9. Terakhir, nyalakan kompor kembali dengan api kecil, goreng pastel hingga matang. Sajikan dengan sausnya
10. Pastel siap untuk disantap

Cara Membuat Pastel Panggang

pastel

Bahan untuk Kulit:

– 250 gram terigu
– ½ sdt garam
– 1 butir telur
– 40 gram mentega yang sudah dicairkan
– 60 – 100 ml air mineral

Bahan untuk Isian:

– 2 buah wortel kupas dan potong dadu kecil
– 200 gram kentang kupas dan potong dadu kecil
– 1 batang daun bawang, kemudian iris kecil
– 150 gram soun, siram menggunakan air panas dan tiriskan
– 2 telur rebus masing-masing potong menjadi 8 bagian atau dipotong dadu

Bumbu halus

– 3 siung bwang putih
– 5 siung bawang merah
– ½ sdt garam
– ¼ sdt merica bubuk
– ¼ sdt pala bubuk
– 1 sdm kecap asin

Cara Membuat:

1. Pertama untuk Isian, panaskan minyak goreng di atas wajan, tumis bumbu halus yang sudah ditumbuk sampai tercium harum
2. Kemudian, masukkan kentang dan wortel, lalu tumis hingga layu dan empuk
3. Setelah wortel dan kentang terlihat layu dan empuk, masukkanlah soun yang sudah disiram menggunakan air panas, potongan telur dan daun bawang yang diiris
4. Lalu, kamu aduk rata, apabila dirasa terlalu kering, tambahkan sedikit air, dan masak kembali selama kurang lebih sekitar 10 menit, setelah itu dinginkan
5. Selanjutnya bagian kulit, masukkan terigu dan garam ke dalam mangkuk, aduk rata, lalu masukkan mentega cair, campur bahan-bahan hingga merata
6. Sekarang, kocok telur dan campur menjadi satu dengan adonan terigu, masukkan air secukupnya, silahkan kamu uleni hingga kalis
7. Ambil adonan sedikit, dan pipihkan, lalu isi dengan isian yang sudah dingin tadi
8. Rekatkan pastel dengan menutup rapi atau mungkin bisa menggunakan garpu lalu tekan-tekan. Letakkan di atas loyang yang sudah diolesi mentega atau minyak
9. Selanjutnnya, olesi dengan kuning telur dan panggang di dalam oven dengan suhu sekitar 190 derajat selama 25 menit
10. Pastel siap untuk disantap

Itulah beberapa resep cara membuat pastel yang pastinya akan memberikan pengalaman tersendiri ketika membuatnya. Selamat mencoba.