Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

0
Cara Menghilangkan Jerawat

Maknai.comCara menghilangkan jerawat adalah salah satu cara yang banyak dicari oleh wanita yang sering mengalami masalah ini. Selain itu, bagi yang ingin mencegah timbulnya jerawat juga bisa menggunakan cara ini untuk pencegahan. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat yang membandel.

Anda juga bisa mengenali penyebab timbulnya jerawat dahulu sebelum anda melakukan penyembuhan. Masalah jerawat adalah penyakit yang bisa mempengaruhi kelenjar minyak dibagian kulit wajah ataupun lainnya. Pori pori yang terdapat pada wajah juga terhubung secara langsung oleh kelenjar minyak yang letaknya dibawah kulit.

Pada kelenjar tersebutlah yang memproduksi zat berminyak atau disebut sebagai sebum. Sementara pori pori tersebut juga terhubung pada kelenjar minyak oleh kanal dan disebut sebagai folikel. Nah, di dalam folikel tersebut, minyak akan membawa sel kulit yang mati pada permukaan kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat:

Penyebab Timbulnya Jerawat

Ada banyak hal yang bisa membuat wajah berjerawat. Dengan mengetahui beberapa penyebab dibawah ini, anda bisa mengatasi masalah jerawat dengan tepat. Factor factor penyebab jerawat juga bisa dihindari supaya jerawat tidak muncul pada wajah anda. Untuk itu, kenali beberapa penyebab jerawat dibawah ini.

Pubertas

Biasanya munculnya jerawat dibarengi dengan masa pubertas seseorang. Ketika remaja, banyak yang mengalami masalah jerawat ini. Itu karena saat masa puber, kelenjar minyak menghasilkan sebum lebih banyak daripada biasanya. Hal itu karena produksi hormon testosterone yang meningkat.

Perubahan Hormon

Bukan hanya pada remaja saja yang bisa mengalami masalah jerawat. Ternyata orang dewasa juga bisa mengalami masalah jerawat. Umumnya hal tersebut dikarenakan kadar hormone yang berubah dalam tubuh. Masalah ini paling sering dialami oleh wanita.

Biasanya mereka mengalami perubahan hormon saat menstruasi, atau ketika hamil. Pada masa inilah mereka sering mengalami masalah jerawat. Pada masa menstruasi, jerawat bisa muncul ketika menjelang masa itu tiba. Sementara ketika hamil, jerawat biasa muncul pada usia kehamilan menginjak 3 bulan pertama.

Menggunakan Make Up Berlebih

Penyebab selanjutnya ialah menggunakan make up yang berlebih. Jika anda menggunakan make up tanpa diimbangi membersihkan wajah dengan teratur, maka bisa berakibat munculnya jerawat.

Selain menggunakan make up berlebih, penggunaan make up yang kurang cocok terhadap kulit wajah juga bisa menimbulkan masalah jerawat. Oleh karena itu, jika anda menggunakan make up, usahakan yang cocok terhadap kulit wajah. Hindari juga penggunaan make up yang berlebihan.

Sering Cuci Muka

Ada yang beranggapan jika munculnya jerawat bisa disebabkan karena tidak rutin mencuci muka. Sehingga banyak yang mulai rutin mencuci muka supaya tidak timbul masalah jerawat. Namun ternyata, mencuci wajah terlalu keseringan justru bisa membuat wajah timbul jerawat.

Itu karena produksi minyak diwajah menjadi berkurang dan membuat kulit wajah memproduksi minyak yang berlebih.

Ponsel yang Kotor

Banyak pengguna ponsel yang tidak menyadari jika ponsel yang digunakannya sangatlah kotor. Karena seringkali pengguna ponsel memegang benda kotor lalu mereka memegang ponsel tanpa harus mencuci tangan terlebih dahulu. Sehingga tangan kotor tersebut memindahkan kuman pada ponsel yang anda gunakan.

Bahkan ada penelitian yang menunjukkan jika ponsel ternyata 18 kali lebih kotor serta mengandung bakteri jahat daripada pegangan pintu sebuah toilet umum. Bukan Cuma mengandung bakteri saja, ponsel juga tempat berkembang biaknya bakteri.

Sesudah anda memegang hp dengan keadaan tangan kotor, kemudian menaruh ponsel di tempat sempit dan gelap misalnya kantung celana. Sehingga bakteri mulai berkembang di ponsel anda.

Mengkonsumsi Makanan Tak Sehat

Masalah jerawat juga bisa diakibatkan karena anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Jadi, hindari makanan yang mengandung lemak tinggi seperti makanan cepat saji atau lainnya. Hal tersebut bisa memancing produksi sebum secara berlebihan.

Memencet Jerawat

Jika anda risih dengan jerawat yang sudah tumbuh di wajah dan ingin menghilangkannya dengan cara dipencet, ini bisa berakibat fatal. Karena bisa jadi, tangan anda dalam keadaan kotor ketika memencet jerawat tersebut. Selain karena tangan kotor, ketika anda memencet jerawat akan membuat pori tertekan lebih dalam dan timbul bekas jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jika anda sudah tahu apa saja penyebab jerawat muncul, hal penting lain yang harus diketahui ialah cara menghilangkan jerawat. Untuk menghilangkan jerawat, tidak hanya produk kimia yang bisa digunakan. Karena anda bisa menggunakan bahan alami yang aman tanpa efek samping.

Bahan alami yang bisa anda gunakan juga semakin bermacam macam. Selain itu, cara yang digunakan juga tak hanya satu jenis cara saja. Karena anda bisa membuatnya sebagai masker, atau mengkonsumsinya secara langsung. Banyak produk masker yang menggunakan bahan alami sebagai bahan dasarnya.

Nah bahan alami tersebut juga bisa anda manfaatkan secara langsung untuk dibuat masker sendiri. Meskipun hasilnya cenderung bertahap, namun cara ini aman dan tidak akan membuat wajah anda rusak. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk cara menghilangkan jerawat? Langsung simak beberapa jenis bahan alami dibawah ini sebagai obat jerawat secara alami.

Menggunakan Masker Dari Lidah Buaya

lidah buaya

Salah satu bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan jerawat ialah dengan menggunakan lidah buaya. Didalam lidah buaya telah mengandung senyawa aktif bernama polifenol yang berperan untuk anti bakteri.

Dengan senyawa tersebut, maka jerawat yang ada pada wajah bisa hilang dengan mudah. Untuk menggunakannya, anda tinggal mengikuti langkah langkah dibawah ini.
Cara menggunakannya:
– Langkah pertama siapkan lidah buaya secukupnya
– Selanjutnya iris dan ambil daging yang ada didalamnya
– Setelah itu, haluskan dengan menggunakan sendok
– Setelah halus, oles pada wajah yang ditumbuhi jerawat
– Tunggu sampai kering sekitar 30 menit
– Bilas sampai bersih dengan air hangat

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi cara ini sampai jerawat hilang. Selain berfungsi sebagai penghilang jerawat, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai masker rambut secara alami. Sehingga kulit wajah dan kulit rambut bisa terjaga kesehatannya dengan gel dari lidah buaya ini.

Masker Dari Mentimun

masker mentimun

Masker alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami ialah mentimun. Didalam mentimun telah mengandung nutrisi penting seperti kandungan vitamin A, B, dan juga C yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Mentimun juga mengandung air yang sangat tinggi sehingga bisa memberikan efek dingin setelah digunakan sebagai masker alami.

Ada juga kandungan mineral seperti magnesium, kalium, silica dan mangan, didalamnya. Buah mentimun juga mempunyai sifat diuretik, sifat pembersih wajah, dan efek pendingin wajah. Sehingga jerawat yang ada pada wajah bisa hilang dengan menggunakan masker mentimun secara rutin.

Cara menggunakan masker mentimun:
– Siapkan mentimun secukupnya
– Kemudian cuci sampai bersih
– Iris tipis mentimun yang sudah dicuci bersih
– Langsung letakkan pada wajah yang telah ditumbuhi jerawat
– Tunggu sampai beberapa menit sampai wajah kaku
– Kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih

Lakukan cara menghilangkan jerawat diatas sampai jerawat hilang. Anda juga bisa menggunakan cara kedua untuk membuat masker dari mentimun. Yakni dengan menghaluskan dan membuat jus dari mentimun. Setelah menjadi jus, langsung saja oles jus mentimun pada area wajah. Setelah 15 menit bisa langsung dibilas.

Menggunakan Masker Kulit Jeruk

kulit jeruk

Bukan hanya bisa diambil dagingnya saja, kulit jeruk juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Pada kulit jeruk telah mengandung vitamin A, & C, flavonoid, antioksidan sangat tinggi, dan juga serat yang tinggi. Sehingga kulit jeruk sangat efektif untuk mengecilkan pori pori pada wajah anda.

Cara menggunakannya:
– Siapkan kulit jeruk secukupnya
– Selanjutnya keringkan kulit jeruk tersebut dibawah sinar matahari
– Setelah kering, tumbuk sampai halus
– Campur tumbukan tersebut denganb air
– Setelah itu, oles pada wajah yang berjerawat
– Setelah 15 menit, bilas menggunakan air hangat.

Kulit jeruk juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda dan membantu pengelupasan sel kulit yang telah mati. Dengan begitu, kulit wajah akan lebih segar dan tidak kusam. Anda juga bisa menggunakan kulit jeruk untuk cara menghilangkan jerawat secara alami.

Masker Alami Dari Putih Telur

masker putih telur

Dalam putih telur terdapat kandungan enzim lysozim sehingga bisa memecahkan dinding sel bakteri yang bisa menyebabkan jerawat muncul. Masker putih telur juga bisa mengecilkan pori pori sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah karena bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Karena putih telur baunya amis, anda bisa menambahkan dengan perasan lemon ataupun jeruk nipis.
Cara menggunakan masker putih telur:
– Siapkan putih telur secukupnya
– Selanjutnya kocok putih telur sampai mengembang dan berbusa
– Selanjutnya campur dengan 1 sendok makan perasan lemon atau jeruk nipis
– Setelah kedua bahan tercampur, anda bisa mengoleskan pada wajah secara merata atau pada bagian yang ada jerawatnya saja
– Tunggu sampai ramuan kering (15 menit)
– Kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih

Untuk tipe kulit wajah sensitive, hindari bahan alami jeruk nipis atau lemon. Karena bisa jadi kulit wajah anda iritasi. Sehingga pilihlah bahan lain yang ada diatas untuk cara menghilangkan jerawat yang ada pada wajah anda.

Masker Dari Daun Pepaya

masker pepaya

Anda juga bisa memanfaatkan masker dari daun papaya untuk cara menghilangkan jerawat secara alami. meskipun daun pepaya sangat pahit rasanya, namun khasiatnya sangat baik untuk menghilangkan jerawat. Ada senyawa penting pada daun pepaya yang bisa membasmi mikro organisme pada kulit.

Cara menggunakan masker daun pepaya:
– Langkah pertama sediakan daun pepaya 4 lembar
– Selanjutnya keringkan dibawah sinar matahari
– Setelah daun kering, haluskan dengan cara ditumbuk
– Setelah halus, campur dengan air
– Terakhir, oles pada wajah dengan merata sampai kering (30 menit)
– Setelah kering, bilas dengan air hangat sampai bersih

Cara menghilangkan jerawat dengan daun pepaya sangat aman digunakan. Selain menggunakan daunnya, anda juga bisa menggunakan masker dari buah pepaya untuk menjaga kesehatan wajah anda. Dengan masker buah ataupun daun pepaya, maka wajah anda akan terbebas dari jerawat dan masalah kulit wajah lainnya.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami. Cara diatas merupakan cara terbaik karena tidak menimbulkan efek samping pada wajah anda. Meskipun cara diatas tidak bisa memberi efek yang instan, namun jika dilakukan secara rutin bisa membuat jerawat berangsur angsur hilang dari wajah anda. Semoga bermanfaat.