Biografi Chairul Tanjung Si Anak Singkong

Biografi Chairul Tanjung Si Anak Singkong

Maknai.com – Biografi Chairul Tanjung Singkat Dan Jelas bisa menginspirasi anda. Tak disangka kesuksesan yang sudah diraihnya sampai sekarang ini diawali dengan perjalanan hidup yang penuh dengan kerja keras.

Kesusksesannya dicapai karena usahanya yang gigih, dan kedisiplinan yang dia terapkan. Meskipun sering jatuh bangun dalam berbisnis, namun Chairul tanjung tidak cepat putus asa dan berusaha untuk bangkit lagi.

Berkat usahanya yang gigih, sekarang dia sangat sukses dan dikenal banyak orang sebagai orang terkaya ke 6 di Indonesia. Namun masih ada banyak sekali perjalanan Chairul tanjung yang menarik sekali untuk disimak. Berikut ini penjelasan tentang biografi Chairul Tanjung singkat dan jelas.

Biografi Chairul Tanjung Singkat dan Jelas:

Sebelum dirinya menjabat sebagai menteri koordinator perekonomian, ternyata Chairul Tanjung sudah terkenal sebagai seorang Direktur Trans TV dan juga Trans7. Dia pun sudah terkenal sebagai seorang penulis biografi chairul tanjung si anak singkong. Sebelum dirinya menjadi menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, dia telah menjabat sebagai menteri kehutanan dan menteri energi & sumber daya mineral.

Biografi Chairul Tanjung singkat dan jelas dulunya ialah mahasiswa dengan keadaan perekonomian yang pas pasan. Dia juga memulai usahanya dari bangku kuliah dengan jurusan yang di ambilnya adalah kedokteran gigi di Universitas indonesia. Bisnisnya dimulai dari nol dengan berdagang buku kuliah, fotokopi dan jasa pembuatan kaos.

Kemudian setelah dirinya lulus dari bangu kuliah, bisnisnya diteruskan dengan mendirikan bisnis produksi sepatu bersama ketiga temannya. Bisnisnya tersebut mengalami kemajuan yang pesat. Namun karena adanya perbedaan visi dengan rekan rekannya, diapun memutuskan keluar dari bisnis tersebut.

Usahanya pun dilanjutkan lagi dengan membuka bisnis usaha jasa keuangan, multimedia serta properti. Dirinya juga terpilih sebagai pemimpin perusahaan bank mega. Karena kepiawaiannya menjalankan usaha dan juga jaringan, sekarang dirinya memiliki

konglomerasi perusahaan atau biasa disebut sebagai para group (CT.Corp). Bisnis yang dijalankan dari para group tersebut merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang keuangan, properti maupun multimedia.

Bisnisnya terbilang berkembang sangat pesat. Hal ini bisa dilihat pada tahun 2010 dia disebut sebagai orang terkaya ke 6 di Indonesia. Sementara dari versi majalah forbes, dirinya disebut sebagai orang terkaya ke 937 di dunia.

Biografi chairul tanjung singkat dan jelas kini populer melalui bukunya bertajuk Chairul Tanjung si anak singkong. Didalam buku tersebut menceritakan perjalanan hidup chairul tanjung dari mulai nol sampai bisa sukses hingga saat ini.

Pendidikan Chairul Tanjung

Biografi Chairul Tanjung bersekolah di SD Van Lith kota Jakarta telah lulus pada tahun 1975. Kemudian melanjutkan bersekolah di SMP Van Lith kota Jakarta dan berhasil lulus pada tahun 1978. Sementara pendidikan SMA nya dilanjutkan di SMA N I Boedi Oetomo kota Jakarta dan lulus pada tahun 1981.

Dia juga melanjutkan dibangku kuliah mengambil jurusan Fakultas Kedokteran Gigi di kampus ternama Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 1987. Sementara dia juga berhasil meraih gelar MBA dari Executive Iinstitut Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (IPPM tahun 1993).

Karir Chairul Tanjung

– Sebagai Pendiri PT.Pariarti Shindutama
– Sebagai Pemilik Bandung Supermall.
– Sebagai Pemilik Trans Corp.
– Sebagai Pemilik Para Group
– Sebagai Komisaris Utama di PT Carrefour Indonesia.

Penghargaan Yang Didapat Oleh Chairul Tanjung

– Dinobatkan sebagai orang terkaya di urutan ke 937 dari ke 1.000 orang di dunia dari versi majalah Forbes.
– Dinobatkan sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional tahun (1984-1985).
– Mendapatkan penghargaan sebagai salah satu anggota civitas akademika kampus yang berjasa pada fakultas dan juga Universitas.
– Dinobatkan sebagai Eksekutif Muda Berprestasi tahun 1992-1993 (Studio Seven Production, kota Jakarta pada 23 Mei tahun 1993).
– Memperoleh penghargaan dari Soegeng Sarjadi Award.

Perjalanan Karir Chairul Tanjung

Chairul Tanjung juga mempunyai beberapa perusahaan dalam bidang financial diantaranya Asuransi Umum Mega, Para Multi Finance, Asuransi Jiwa Mega Life, Bank Mega, Bank Mega Syariah, Mega Capital Indonesia, maupun Mega Finance.

Beberapa perusahaan tersebut juga membawahi Mega Indah Propertindo, Para Bandung Propertindo, Batam Indah Investindo, dan Para Bali Propertindo. Perusahaan Para Group mempunyai Bandung Supermall.

Luas mall tersebut mencapai 3 hektar dan menghabiskan dana sebesar Rp 99 miliar untuk pembangunannya. Sementara Para Group juga meluncurkan Bandung Supermall menjadi Central Business District tepat pada tahun 1999.

Dalam bidang investasi, di awal 2010 Para Group lewat perusahaan bawahannya yakni Trans Corp telah membeli sebagian besar dari saham Carefour Indonesia, sebesar 40%. MoU (memorandum of understanding) pada pembelian saham Carrefour tersebut telah ditandatangani lewat MoU (Memorandum of Understanding) tepat pada tanggal 12 Maret tahun 2010 di Negara Perancis.

Dalam bidang penyiaran & multimedia, perusahaan Para Group juga mempunyai Trans TV, Mahagagaya Perdana, Trans7, Trans Fashion, Trans Studio, dan Trans Lifestyle.
Dirubahnya para group menjadi CT Corp 1 desember 2011 silam juga diresmikan oleh Chairul Tanjung. Perusahaan tersebut terdiri atas 3 perusahaan sub holding diantaranya Mega Corp, CT Global Resources dan Trans Corp yang berbentuk layanan finansial, ritel, media, gaya hidup, sumber daya alam dan hiburan.

Menjadi Menko Perekonomian

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menunjuk Chairul Tanjung pada tanggal 16 mei tahun 2014 silam sebagai Ketua Komite Ekonomi Nasional menjadi Menko Perekonomian untuk menggantikan Hatta Rajasa karena secara resmi mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Pelantikannya diadakan di Istana Negara di hari Senin, tanggal 19 Mei 2014 sesuai dengan Keputusan Presiden Nmr. 41 Tahun 2014.

Menjadi Guru Besar Universitas Airlangga

Chairul Tanjung juga pernah dinobatkan sebagai guru besar di bidang ilmu kewirausahaan di universitas Airlangga Surabaya tanggal 18 april 2015. Pengukuhan dilakukan di ruangan Garuda Mukti, tepatnya di Gedung Rektorat, kampus C Universitas Airlangga. Chairul Tanjung dikukuhkan sebagai guru besar yang ke-438 Unair.

Buah Pemikiran Chairul Tanjung adalah Embrio Kesuksesannya

Pertumbuhan bisnis yang semakin pesat tidak lepas karena kegigihan usahanya untuk berjejaring dari berbagai kalangan. Hingga yang sudah pernah dia tandaskan, berteman dengan seorang petugas di kantor pos sekalipun dianggapnya sebagai sebuah usaha berjejaring dan menjadi bagian perkembangan bisnisnya.
Karena kepiawaiannya dalam berjejaring dari berbagai kalangan tersebut menjadikannya berhasil menemukan mitra-mitra kerja yang sangat handal.

Didalam menjalankan kerjasama, dia juga tidak ragu dalam melakukan transaksi meskipun dengan perusahaan yang kecil sekalipun. Dalam pikirannya beranggapan jika perusahaan local pun mampu menjadi sebuah perusahaan yang bersinergi bersama perusahaan multinasional manapun.

Tekad, kemauan dan juga daya juangnya yang sangat keras untuk membangun kepercayaan dimaknainya sejalan dengan pembangunan integritasnya. Dia beranggapan jika membangun bisnis tidak semudah membalikan kita membalikkan telapak tangan.

Kunci utama dalam berbisnis adalah pantang menyerah dan sabar. Dia berdedikasi untuk menjadi tuntunan generasi muda. Karena itulah dirinya dikukuhkan sebagai seorang Guru Besar dalam bidang Ilmu Kewirausahaan di Universitas Airlangga Surabaya 18 April 2015 silam.

Membagikan Kisah Hidup Melalui Buah Tulisan Si Anak Singkong

Perjalanan hidupnya yang inspiratif serta memotivasi melewati banyak terpaan hidup terutama dalam berbisnis akhirnya dibukukan lewat buah tulisan dan diterbitkan Penerbit Buku Kompas.

Tulisannya disusun oleh wartawan kompas yakni Tjahja Gunawan Adireja. Karyanya bertajuk Chairul Tanjung Si Anak Singkong juga diluncurkan tepat di usia Chairul Tanjung yang berusia 50 tahun.

Buku tentang biografi Chairul Tanjung singkat dan jelas yang mengalami kepahitan hidup untuk menuai kesuksesan membuktikan jika entrepreneurship mampu dilahirkan meskipun bukan turunan ucap Jakoeb Oetama.

Beliau merupakan Pendiri sekaligus Pemimpin Umum Harian Kompas pada tulisannya di pengantar buku biografi itu. Jakoeb Oetama juga mengagumi sosok sianak singkong sebagai perintis bisnis dengan kesuksesan yang diperolehnya karena adanya kerja keras, komitmen, ambisi dan pantang menyerah.

Kata-Kata Bijak Chairul Tanjung untuk Para Entrepreneur

Biografi Chairul Tanjung singkat dan jelas tak sampai disini. Kesuksesannya dalam berkarir ternyata tidak membuatnya menjadi pribadi yang tak mau berbagi ilmu atau serakah. Nyatanya dia banyak memotivasi anak muda lewat kata kata motivasi yang mampu membakar semangat mereka untuk meniti tangga kesuksesan dan mengarungi tantangan dalam dunia bisnis. Ada banyak sekali kata kata motivasi dari Chairul Tanjung seperti dibawah ini:

– Anda semuanya akan bisa berdiri di sini untuk menggantikan posisi saya jika anda bekerja dengan keras. Serta dibutuhkannya kemampuan entrepreneur maupun manajerial yang baik pula. Tak hanya semata-mata modal saja.
– Bekerjalah 2/3 kali lipat lebih banyak dibandingkan orang lain, karena memang usaha tidak akan pernah membohongi hasil.
– Cara terbaik saat tidak ada pilihan adalah berpikir positif.
– Gagal merupakan makanan sehari-hari. Hal itu adalah biasa, yang penting adalah bagaimana kita menyikapinya. Maka, Evaluasi, bangkit! Jika Gagal lagi? Maka Bangkit lagi! Dan itu seterusnya.
– Ibuku merupakan kunci sukses saya.
– Pada zaman dahulu ada istilah “Banyak anak, banyak rejeki”. Namun istilah sekarang “Banyak koneksi, banyak rejeki”.
– Modal awal yang paling dasar seorang pengusaha adalah jujur dan kepercayaan
– Keberhasilan seorang manusia ditentukan dirinya sendiri. Jika pilihannya benar, maka ia pun akan bersinar.
– Kebijaksanaan itu, bukan hanya dari ucapan saja melainkan juga dari hati serta pikiran.
– Kehormatan kita merupakan kepribadian kita. Jika kepribadian pun tidak dimiliki, maka tidak akan mungkin memiliki kehormatan.
– Kemenangan bukan sebuah prioritas pada sebuah perlombaan, melainkan juga sebagai pengalaman serta motivasi diri.
– Dengan kerja keras serta kerja cerdas akan memastikan keberhasilan, tapi sedekahlah yang akan memudahkannya.
– Kesuksesan bukan merupakan tujuan, melainkan suatu perjalanan bagi masa depan.
– Meskipun cara yang dilakukan lama, namun itu semua harus bisa dilewati layaknya anak tangga. Pasti satu-persatu akan dinaiki, jangan sampai lompat-lompat karena jika melompat kemungkinan akan terpelesetnya semakin tinggi.
– Memperjuangkan ideologi juga harus realistis, bukanlah sebuah harga mati.
– Pengambilan keputusan sebagai pengusaha tak berarti tidak berprestasi dalam bidang akademis.
– Menjadi seorang pejabat, meskipun pohonnya tinggi, namun buahnya tidak ada. Jadi, masih enak menjjadi pengusaha.
– Sebagai pengusaha modal utamanya adalah tidak cengeng, dan tidak gampang menyerah.
– Disamping bekerja keras, hal lainnya yang perlu diingat ialah kerja yang ikhlas. Kemudian baru menyerahkan semua hasil kerja kerasnya kepada Tuhan.

Itulah pembahasan tentang biografi Chairul Tanjung singkat dan jelas yang bisa menjadi inspirasi untuk anda sebagai seorang pengusaha. Semoga bermanfaat.

error: Maaf, jangan COPAS hihi