Contoh Kata Kerja Lengkap dengan Penjelasannya

0
Contoh Kata Kerja
Image by: BeritaMujizat

Maknai.com – Perlu anda ketahui bahwa dalam pelajaran bahasa Indonesia tentu saja banyak sekali jenis kata yang telah tergabung dalam suatu kalimat. Jenis kata ini bisa saja kata kerja, kata sifat atau bahkan kata benda sekalipun. Setiap kata tersebut bahkan nantinya akan terbagi menjadi beberapa bagian. Kali ini kita akan membahas mengenai kata kerja atau sering disebut dengan verba. Sekarang ini banyak sekali contoh kata kerja yang bisa anda pelajari disini.

Kata kerja merupakan salah satu kelas kata yang memang menyatakan suatu keberadaan, tindakan, pengalaman atau bahkan pengertian dinamis yang lainnya. Jenis kata yang satu ini juga sering dipergunakan untuk dijadikan sebagai predikat dalam suatu kalimat maupun frasa. Kata kerja ini mempunyai suatu fungsi untuk menjelaskan sebuah aktivitas maupun perbuatan yang telah dilakukan oleh seseorang. Dalam penjelasan ini, bisa kita simpulkan sendiri bahwa kata kerja ini merupakan kata yang berfungsi sebagai penjelas bahkan juga mampu menunjukkan tindakan dari suatu subyek.

Setelah anda mengetahui pengertian dari kata kerja ini, kini sudah saatnya bagi anda mengetahui lebih detail mengenai ciri, jenis beserta dengan contoh kata kerja ini. Supaya anda tidak bingung lagi untuk membedakannya dengan jenis kata yang lainnya. Sebaiknya anda pelajari beragam penjelasan berikut ini:

Ciri-ciri dari kata kerja atau verba

Ternyata setiap kata mempunyai ciri tersendiri yang mampu membuat anda semakin mudah untuk mengenalinya. Saat ini memang sudah banyak sekali jenis kata yang telah tergabung dalam sebuah kalimat. Supaya anda bisa membedakannya, alangkah baiknya anda ketahui berbagai macam ciri dari kata kerja ini yakni:

* Mempunyai makna proses

* Mempunyai makna kegiatan, perbuatan maupun tindakan

* Sering diikuti oleh kata kerja

* Bisa diperluas lagi dengan cara penambahan dengan+kata sifat setelahnya. Sebagai contoh ia berlari dengan cepat, Nani menghitung dengan teliti dan lain sebagainya.

* Biasanya didahului dengan adanya kata pernyataan waktu. Sebagai contoh saja sedang, telah, akan, segera, dan juga hampir.

* Sering kali dibentuk dengan adanya imbuhan di-,me-,ter-,ber-,di-kan,me-kan,ber-an,memper-an dan juga memper-i.

Setelah anda mengetahui berbagai macam ciri dari kata kerja ini, alangkah baiknya anda pelajari juga jenisnya sekaligus dengan contohnya dalam sebuah kalimat. Anda tidak perlu bingung lagi dalam membedakan kata kerja ini dengan jenis kata yang lainnya. Secara sekilas tentu saja anda bisa menyimpulkan adakah kata kerja yang ada dalam satu kalimat.

Ketika anda sudah mengetahui berbagai macam ciri dari kata tersebut, alangkah baiknya anda juga memahami apa saja jenis dari kata kerja tersebut. Biasanya jenisnya terbagi menjadi beberapa bagian bahkan setiap jenis kata mampu memberikan fungsi tersendiri dalam sebuah kalimat. Jadi alangkah baiknya anda mengetahui berbagai jenis kata kerja berikut ini:

Kata kerja dasar

Kata kerja yang satu ini merupakan salah satu kata kerja yang masih berada dalam bentuk asli bahkan sama sekali belum mendapatkan imbuhan. Contohnya adil. Kata adil ini tentu saja kata dasar yang terbilang masih asli, bisa dibilang belum mendapatkan sebuah imbuhan baik itu awalan, akhiran atau bahkan sisipan sekalipun.

Kata kerja ini memang belum mendapatkan imbuhan apapun sehingga terbilang kata kerja dasar. Dari banyaknya contoh kata kerja yang sudah tersedia, semoga saja bisa membuat anda lebih paham lagi dengan jenis kata yang ada dalam bahasa Indonesia ini. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya perhatikan contoh kata kerja dasar lainnya berikut ini:

* Ampun

* Ajek

* Aduk

* Beri

* Beli

* Bisik

* Bayar

* Bangun

* Bantung

* Minum

* Makan

* Mandi

* Tidur

* Turun

* Naik

* Pergi

* Lari

* Pulang

* Dating

* Kunyah

* Bawa

* Siram

Itulah tadi beberapa contoh dari kata kerja dasar yang bisa anda pelajari. Setidaknya masih banyak sekali contoh lainnya yang perlu anda pahami. Jangan sampai anda merasa masih bingung jika ada seseorang yang bertanya mengenai kata kerja dasar ini.

Kata kerja berimbuhan

Jenis kata kerja yang satu ini merupakan salah satu kata yang sudah mengalami suatu pengimbuhan baik itu awalan, akhiran atau bahkan sisipan sekalipun. Dimanapun letak imbuhannya sudah pasti

mampu memberikan keterangan tersendiri. Mau dimana saja letak imbuhannya pasti tidak akan berpengaruh pada sebuah kalimat. Adapun untuk contoh kata kerja berimbuhan ini, diantaranya:

Awalan=me+ambil=mengambil

Di+siram=disiram

Ber+suara=bersuara

Akhiran=Pukul+an=pukulan

Tidur+an=tiduran

Makan+an=makanan

Awalan/akhiran=me+guna+kan=menggunakan

Be+pikir+an=berpikiran

Me+urus+i=mengurusi

Penjelasannya:

Kata kerja yang sudah ada pada contoh diatas merupakan salah satu kata kerja yang sudah mendapatkan imbuhan. Pada contoh yang pertama imbuhan awalan berupa kata mengambil, sedangkan pada contoh 2 imbuhan akhiran beruapa kata pukulan dan contoh yang terakhir imbulan awalan/akhiran berupa menggunakan.

Selanjutnya supaya anda bisa lebih paham lagi, alangkah baiknya anda memperhatikan contoh kata kerja berimbuhan lainnya sebagai berikut ini:

* Dikurang

* Ditambah

* Disirami

* Dikosongkan

* Diambil

* Diberikan

* Diisi

* Digunduli

* Dipukuli

* Didengarkan

* Direnovasi

* Dihisap

* Dilihat

* Memanggil

* Mendaftar

* Mengurusi

* Merusak

* Melanggar

* Menyimpan

* Mengangkat

* Menyambungkan

* Mengupayakan

* Menganggap

* Memberikan

* Membelikan

Kata Kerja Turunan

Jenis kata kerja ini merupakan salah satu kata kerja yang telah mendapatkan suatu imbuhan atau bahkan sudah mengalami pemajemukan. Perlu anda ketahui juga bahwa kata kerja turunan ini nantinya akan terbagi menjadi beberapa bagian, yakni:

* Bebas Afiks Wajib merupakan salah satu kata yang perlu mempunyai afiks supaya memiliki fungsi sebagai kata kerja. Jika dipisahkan dari afiksnya tentu saja kata ini bisa saja menjadi jenis kata lain. Seperti halnya melebar, mendarat, mengering dan lain sebagainya.

* Bebas Afiks Manasuka merupakan salah satu kata kerja dasar yang sudah ditambah dengan adanya afiks, hanya saja tetap mempunyai fungsi sebagai kata kerja apabila afiks tersebut tidak bisa dipergunakan. Sebagai contoh mencari, membaca, menari, melangkah maupun bekerja.

* Terikat Afiks Wajib. Sebagai contoh mengungsi, berjuang bahkan juga bertemu.

* Reduplikasi merupakan salah satu kata kerja yang sudah mengalami sebuah pengulangan. Contohnya bergoyang-goyang, menari-nari, mencari-cari, merengek-rengek dan lain sebagainya.

* Majemuk merupakan salah satu jenis dari kata kerja yang telah terbentuk dari dua kata lain baru kemudian bisa digabungkan supaya mampu menghasilkan sebuah makna terbaru. Contohnya saja cuci darah, caci maki dan lain sebagainya.

Kata kerja berdasarkan pada jenisnya

Perlu anda ketahui juga bahwa kata sifat ini ternyata juga terbagi menjadi beberapa jenis. Supaya anda lebih paham ataupun mengerti, sebaiknya anda ketahui jenisnya berikut ini:

* Kata Kerja Transitif

Jenis kata kerja yang satu ini merupakan salah satu kata kerja yang membutuhkan obyek yang mampu menyertai sebuah kata kerja. Sebagai contoh kata kerja transitif yakni memotong.

Penjelasannya:

Kata kerja memotong ini memerlukan sebuah objek jika anda terapkan dalam sebuah kalimat. Semisal saja: Adik memotong rumput ditaman.

Kata kerja yang ada dalam kalimat tersebut pastinya membutuhkan suatu obyek yang mampu menyertainya. Seperti halnya rumput. Supaya anda lebih jelas lagi dengan contoh kata kerja transitif yang lainnya, sebaiknya anda perhatikan berikut ini:

> Menyiram

> Mengangkat

> Membeli

> Mendengar

> Nenaiki

> Menuruni

> Menyeret

> Melihat

> Melangkahi

> Melompati

> Menyimpan

> Mendahului

> Mengaduk

> Mencium

> Merapikan

> Menabrak

Pastinya jenis kata kerja transitif ini begitu mudah untuk anda kenali. Bahkan anda tidak akan merasa kesulitan lagi jika ingin menghadirkan kata kerja transitif dalam sebuah kalimat. Banyaknya jenis kata memang sempat membuat kita merasa bingung. Namun dengan berbagai macam contoh kata kerja yang sudah tersedia mampu membuat anda merasa lebih mudah untuk memberikan contohnya.

* Kata kerja intransitif

Jenis kata kerja yang satu ini pastinya kebalikan dari kata kerja transitif dimana kata kerja ini tidak memerlukan sebuah obyek untuk bisa menyertai kata kerja. Karakteristik yang berasal dari kalimat yang sudah memuat kata kerja intransitive ini tidak dapat dipasifkan lagi sebab tidak adanya sebuah objek yang mampu menyertai sebuah kata kerja. Sebagai contoh yakni berikut ini:

> Terluka

> Tergores

> Tertindih

> Terawat

> Teriris

> Terabaikan

> Terharu

> Terungkap

> Tersandung

> Tersedu

> Terdiam

> Berlari

> Bersedih

> Berjanji

> Berjuang

> Berkarya

> Berjasa

> Berpakaian

> Berbusana

> Berlomba

> Berwawasan

> Berikhtiar

> Berjoget

> Berseragam

Kata kerja berdasarkan pada subjeknya

Tentunya satu jenis kata saja dalam bahasa Indonesia mempunyai ciri maupun fungsi tersendiri. Bahkan menariknya setiap jenis kata kerja ini telah terbagi menjadi beberapa bagian. Bahkan penjabarannya pun terbagi menurut berbagai kriterianya. Supaya lebih jelas lagi dengan kata kerja berdasarkan pada subjeknya, berikut diantaranya:

* Kata Kerja Aktif merupakan salah satu jenis dari kata kerja yang subjeknya berada dalam posisi sebagai pelakunya. Biasanya kata kerja aktif ini mempunyai imbuhan me atau bahkan ber. Seperti contoh kata kerja berikut ini: Ani membeli sepatu baru, Ibu memasak nasi di dapur, Ayah sedang memperbaiki motor.

* Kata kerja pasif merupakan salah satu jenis kata kerja yang subjeknya berposisi sebagai korban dari kata kerja itu. Biasanya kata kerja pasif ini mempunyai imbuha ter atau bahkan di. Sebagai contoh kata kerja pasif: Tas dibeli oleh Ani, Nasi dimasak ibu di dapur, Motor sedang diperbaiki oleh ayah dan lain sebagainya.

Dari beragam contoh kata kerja yang sudah tersedia untuk anda ini, tentunya ada beberap hal yang harus anda pelajari. Apalagi dengan beragam ciri dari kata kerja yang sudah tersedia tentunya mampu membuat anda lebih paham lagi dengan jenis kata tersebut. Banyak hal yang bisa anda pelajari dengan beragam contoh yang sudah tersedia. Semuanya bisa membuat anda semakin

paham dengan berbagai macam rincian penjelasan diatas. Setiap jenis kata kerja ini memang mempunyai suatu fungsi tersendiri. Bahkan setiap jenisnya mempunyai berbagai fungsi yang berbeda-beda antara yang satu dengan lainnya.

Apabila anda masih merasa bingung dengan kata kerja yang ada dalam bahasa Indonesia. Kini anda bisa dengan mudah mempelajarinya melalui media internet. Dimana dalam internet ini sudah tersedia beragam informasi yang sedang anda butuhkan.