3+ Contoh Kata Sifat (Pengertian, Ciri, Jenis dan Fungsi)

3+ Contoh Kata Sifat (Pengertian, Ciri, Jenis dan Fungsi)

Maknai.com – Dalam bahasa Indonesia tentu saja ada banyak kata yang perlu anda pelajari. Bahkan dalam hal penulisannya pun harus anda ketahui. Setiap contoh kata sifat yang ada dalam bahasa Indonesia mempunyai ciri tersendiri terlebih dalam hal fungsinya.

Penulisannya pun harus disesuaikan dengan ejaan yang sudah disempurnakan. Kata sifat atau adjektiva merupakan salah satu kelas lata yang mampu mengubah kata benda dan kata ganti, dengan menjelaskan atau bahkan membuatnya semakin spesifik.

Kata sifat ini pastinya mampu menjelaskan sebuah kecukupan, kuantitas, urutan, kualitas atau bahkan penekatan dalam sebuah kata. Kali ini banyak sekali contoh kata sifat yang bisa anda pelajari berdasarkan pada jenisnya.

Pengertian dari kata sifat adalah salah satu kata yang biasanya dipergunakan untuk menyatakan sifat atau bahkan keadaan suatu hal entah itu benda mati, makhluk hidup, tempat, waktu dan lainnya.

Biasanya dalam suatu kalimat, kata sifat ini sering sekali dipergunakan untuk menjelaskan sebuah keadaan Subjek atau bahkan obyek yang ada dalam kalimat tersebut. Setelah kita mengetahui arti dari kata tersebut, kini sudah saatnya bagi kita mengetahui berbagai macam hal mengenai kata sifat.

Terlebih dalam hal contoh kata sifat untuk penggunaannya dalam sebuah kalimat. Anda harus tahu betul manakah yang dinamakan dengan kata sifat. Pastinya kata yang satu ini berbeda sekali dengan jenis kata yang lainnya.

Fungsi yang diperoleh dari kata sifat

Tentunya setiap kata mempunyai berbagai macam fungsi dalam sebuah kalimat. Terlebih untuk kata sifat ini pastinya ada beberapa fungsinya yakni:

• Sebagai penjelas atau pelengkap yang ada dalam sebuah kalimat
• Sebagai predikat yang ada dalam suatu kalimat

Dari kedua fungsi ini pastinya anda semakin paham dalam membedakan kata sifat ini dengan kata yang lainnya. Meskipun tidak semua orang bisa menjelaskan kata tersebut secara lebih mendetail.

Namun dengan mengetahui berbagai macam hal mengenai kata sifat ini pastinya bisa memudahkan anda dalam mempelajarinya. Setelah kita mengetahui fungsinya, kini sudah saatnya bagi kita mengetahui berbagai macam cirinya.

Ciri-ciri dari kata Sifat atau Adjektiva

Tentu saja setiap jenis kata yang ada dalam bahasa Indonesia mempunyai ciri tersendiri yang mampu membedakannya dengan jenis kata yang lainnya. Supaya anda semakin paham dengan contoh kata sifat, alangkah baiknya anda ketahui terlebih dahulu berbagai macam ciri dari kata sifat berikut ini:

• Bisa diberikan sebagai keterangan penguat. Siapa sangka ternyata kata sifat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai penguat dalam sebuah kalimat. Seperti halnya amat, sangat, paling, sekali, benar. Sebagai contohnya amat luas, paling rendah, sangat indah dan lain sebagainya.
• Bisa dibatalkan atau diingkari sifatnya dengan sebuah kata bukan atau tidak. Contohnya tidak baik, tidak bagus, tidak bahagia, tidak romantis, tidak penyabar dan lain sebagainya.
• Bisa diberikan sebagai keterangan pembanding. Ternyata kata sifat ini juga bisa anda jadikan sebagai perbandingan antar kata dalam sebuah kalimat. Sebagai contoh: sepatuku lebih murah dari sepatunya,jika dibandingkan dengan baju itu, baju ini terlihat kurang mewah dan lain sebagainya.

Itulah tadi berbagai macam ciri dari kata sifat yang bisa anda ketahui. Setidaknya dengan beragam ciri tersebut bisa memudahkan anda mengenalinya dalam sebuah kalimat. Terlebih bagi anda yang belum paham mengenai apa itu kata sifat. Supaya lebih jelas lagi, alangkah baiknya anda juga mengetahui beragam jenis dari kata sifat ini.

Jenis-jenis dari kata sifat atau adjektiva

Sekarang ini kata sifat telah terbagi menjadi beberapa bagian yang mampu membuat anda membedakan antara satu dengan yang lainnya. Secara sekilas mungkin anda sudah mampu mengenali kata sifat ini. Namun jika kita mempelajarinya lebih detail lagi, pastinya anda perlu memperhatikan berbagai contoh kata sifat yang telah ada. Supaya lebih jelasnya sebaiknya anda perhatikan berbagai uraian berikut ini:

1. Jenis kata sifat berdasarkan pada maknanya atau semantis
Perlu anda ketahui ternyata berdasarkan pada maknanya kata sifat ini telah terbagi menjadi 2 bagian yakni kata sifat tak bertaraf dan kata sifat bertaraf.

Kata sifat bertaraf

Jenis kata sifat yang satu ini biasanya dipergunakan untuk menyatakan sebuah kualitas dalam satu kalimat. Ternyara kata sifat bertaraf ini juga terbagi menjadi beberapa jenisnya, yakni:

• Adjektiva ukuran merupakan salah satu kata sifat yang menyatakan sebuah kualitas yang mampu diukur dengan menggunakan ukuran kuantitatif. Semisal saja panjang, berat dan lain sebagainya.
• Adjektiva pemberi sifat merupakan sebuah kata sifat yang mampu menyatakan intensitas ataupun kualitas yang dinilai secara mental maupun fisik. Sebagai contoh rapi, bersih atau bahkan nyaman sekalipun.
• Adjektiva waktu merupakan kata sifat yang mampu menunjukkan suatu periode maupun masa akan suatu kejadian maupun pekerjaan. Seperti halnya lama, sebentar dan lain sebagainya.
• Adjektiva warna merupakan salah satu kata sifat yang mampu menyatakan sebuah warna. Semisal saja putih, biru, dan lain sebagainya.
• Adjektiva sikap batin merupakan salah satu sifat yang mampu menyatakan emosi atau bahkan suasana hati. Sebagai contoh sedih, bahagia, atau bahkan marah.
• Adjektiva jarak merupakan salah satu kata sifat yang mampu menyatakan sebuah ruang antara dua benda atau bahkan tempat. Seperti halnya dekat, jauh.
• Adjektiva cerapan merupakan salah satu kata sifat yang mampu menggambarkan sesuatu yang bisa dirasakan dengan panca indera. Sebagai contoh manis, pahit atau bahkan bau.

Kata Sifat Tak Bertaraf

Kata sifat yang satu ini ternyata bisa dipergunakan untuk menyatakan suatu keanggotaan yang ada dalam suatu golongan. Seperti halnya bundar, abadi dan lain sebagainya.

2. Jenis kata sifat berdasarkan pada sintaksis

Ternyata jenis kata sifat ini juga masih terbagi menjadi beberapa bagian berdasarkan pada letak atau bahkan fungsinya dalam sebuah kalimat. Diantaranya:

• Adjektiva predikatif merupakan salah satu kata sifat yang mempunyai fungsi sebagai predikat yang ada dalam sebuah kalimat. Sebagai contoh rumah baru itu sangat nyaman.
• Adjektiva atributif merupakan salah satu kata sifat yang memiliki fungsi sebagai penjelas maupun pelengkap dalam sebuah kalimat. Jika jenis kata sifat ini letaknya setelah subjek, ,maka biasanya dianggap sebagai penjelas dari subyek tersebut. Berbeda halnya jika letaknya setelah objek tentu saja dijadikan sebagai penjelas dari objek tersebut. Sebagai contoh: Siska sudah tumbuh menjadi putri yang baik hati dan cerdas.
• Adjektiva predikatif inversi merupakan salah satu jenis dari kata sifat yang mempunyai fungsi sebagai predikat dalam sebuah kalimat. Hanya saja letaknya berada pada awal kalimat. Sebagai contoh: Indahnya pemandangan desa dari puncak gunung ini.
Ternyata lumayan banyak juga jenis dari kata sifat berdasarkan pada sintaksis ini. Dengan berbagai penjelasan diatas, semoga saja anda semakin paham dengan kata sifat tersebut.

3. Jenis kata sifat berdasarkan pada bentuknya

Kata sifat sekarang ini ternyata juga terbagi menjadi beberapa bagian berdasarkan pada bentuknya. Untuk lebih jelasnya lagi, ada baiknya anda perhatikan berbagai penjelasan berikut:

Kata Sifat Dasar

Kata sifat yang satu ini merupakan salah satu kata sifat asli yang tidak mengalami sebuah proses pengimbuhan bahkan juga tidak bisa diuraikan dalam bentuk yang lebih sederhana. Ada beberapa contoh kata sifat dasar yakni baru, indah, tinggi, banyak, lama, sedikit dan lain sebagainya.

Kata Sifat Turunan

Ada lagi kata sifat turunan yang merupakan salah satu dari kata sifat dimana sudah mendapatkan suatu imbuhan, pengulangan, pemajukan maupun penyerapan. Pada umumnya ada 4 kelompok kata sifat turunan ini. Untuk lebih jelasnya lagi sebaiknya anda perhatikan uraian berikut ini:

• Adjektiva turunan yang sudah mengalami suatu pengimbuhan. Sebagai contoh terindah dengan imbuhan ter, sebaik dengan imbuhan se, seramah dengan imbuhan se, terhebat dengan imbuhan ter, serumah dengan imbuhan se dan lain sebagainya.
• Adjektiva turunan majemuk merupakan salah satu kata sifat yang telah terbentuk dari adanya gabungan dua kata atau bahkan lebih kata sifat dasar yang mampu hasilkan sebuah maka baru. Bisa jadi berbeda dari kata sifat dasar yang menjadi pembentuknya. Sebagai contoh rendah hati, lemah lembut, ramah tamah, berjiwa bersih dan lain sebagainya.
• Adjektiva turunan yang telah mengalami pengulangan, proses pengulangan ini biasanya mengikuti sebuah pola “Se+kata sifat dasar+nya. Sebagai contoh saja seperti ini: sebaik-baiknya, sepintar-pintarnya, seburuk-buruknya, semarah-marahnya, seberat-beratnya dan lain sebagainya.

Kata sifat serapan

Perlu anda ketahui juga bahwa kata sifat ini juga hadir dengan kata sifat serapan yang merupakan salah satu kata sifat yang mana berasal dari bahasa asing baru kemudian diserap sekaligus dijadikan menjadi bagian dari bahasa Indonesia. Sebagai contoh saja struktural, duniawi, aktif dan lain sebagainya.

Itulah tadi berbagai macam penjelasan menarik mengenai kata sifat dalam bahasa Indonesia yang perlu kita pelajari lebih mendetail lagi. Setidaknya dengan beragam penjelasan mengenai kata sifat diatas bisa membuat anda semakin paham lagi dengan contoh kata sifat. Pastikan anda paham betul dengan beragam penjelasan diatas.

Memang sudah seharusnya anda mengetahui ciri, fungsi bahkan juga jenis dari kata sifat ini supaya lebih memudahkan anda dalam mengenali kata sifat yang ada dalam suatu kalimat.

Supaya lebih jelas lagi dan semakin paham dengan kata sifat yang ada dalam bahasa Indonesia. Alangkah baiknya anda juga mempelajari berbagai contoh penggunaan kata sifat ini dalam sebuah kalimat. Inilah beberapa contoh kata sifat dalam kalimat. Diantaranya:

• Sepertinya kamu terlihat lebih cocok mengenakan baju berwarna biru
• Ruang kelas sudah tertata dengan rapi
• Siska tidak suka pelajaran matematika
• Dia anak yang pendiam, tapi dia bukan anak nakal
• Kamu memang sahabat terbaik saya
• Ferdi sebagai siswa terpintar dikelasnya
• Rumah itu terlihat begitu indah dan menarik

Dari berbagai contoh kalimat ini anda bisa menemukan kata sifat yang telah berpadu dalam sebuah kalimat. Dimanapun letak dari kata sifat ini, anda bisa memahaminya sendiri setelah mempelajari berbagai macam ciri sekaligus jenis dari kata tersebut.

Tentunya masih banyak sekali contoh kata sifat yang bisa anda pelajari. Setidaknya dengan berbagai macam uraian diatas lebih membuat anda merasa paham dan bisa membedakannya dengan jenis kata yang lainnya.

error: Maaf, jangan COPAS hihi