Contoh Surat Permohonan yang Baik dan Benar

Contoh Surat Permohonan yang Baik dan Benar

Maknai.com – Surat tentunya penting sekali sebagai media komunikasi atau bahkan bisa dibilang pengantar sebuah contoh surat permohonan. Saat ini telah banyak sekali jenis surat yang hadir untuk kita. Kebanyakan surat memang bersifat resmi sehingga dalam penulisan maupun pemilihan kalimat haruslah tepat.

Kali ini kita akan membahas mengenai surat permohonan. Surat tersebut merupakan salah satu bentuk surat resmi yang memang sengaja dibuat untuk mengajukan sebuah permohonan.

Entah itu permohonan izin, kerja sama atau bahkan kepentingan lainnya kepada perusahaan yang bersangkutan. Surat ini memang sengaja ditujukan untuk individu, kelompok, badan organisasi atau bahkan lainnya. Menariknya lagi saat ini telah tersedia contoh surat permohonan dengan tujuan yang berbeda-beda.

Keberadaan surat permohonan ini sangat penting sekali. Pembuatan surat ini bukanlah hal yang tergolong mudah untuk dilakukan. Terlebih dalam hal penggunaan bahasa yang resmi tentunya perlu anda perhatikan supaya surat anda ini bisa disetujui oleh pihak yang telah terkait.

Perlu anda ketahui juga bahwa surat permohonan ini ternyata telah terbagi menjadi berbagai macam jenisnya bahkan semuanya mempunyai tujuan yang berbeda. Apabila anda ingin mengetahui jenis dari surat permohonan ini, berikut diantaranya:

• Surat permohonan cuti
• Surat permohonan izin
• Surat permohonan kerjasama
• Surat permohonan mengadakan sebuah kegiatan
• Surat permohonan beasiswa
• Surat permohonan kehadiran
• Surat permohonan sponsor

Begitu banyaknya jenis dari contoh surat permohonan ini. Surat tersebut memang sengaja dibuat sebagai bukti tertulis yang menyatakan bahwa anda membuat sebuah permohonan yang ditujukan pada pihak yang bersangkutan agar tujuan tersebut bisa tersampaikan.

Seperti halnya pada surat resmi yang ada, tentunya dalam pembuatan surat permohonan ini anda perlu memenuhi segala kriteria maupun syarat yang sudah ditentukan. Contoh surat permohonan tentu saja penting sekali sebab surat ini bisa dipergunakan untuk berbagai macam bidang. Surat ini dibuat dengan mempergunakan cara yang terbilang halus sehingga menunjukkan bahwa anda mengetahui sopan santun.

Bagian penting yang ada pada surat permohonan

Perlu anda ketahui juga bahwa contoh surat permohonan ini mampu memberikan referensi kepada anda yang sebelumnya belum mengetahui cara pembuatannya dengan baik dan benar. Banyak sekali fungsi yang bisa dimanfaatkan dalam surat ini.

Diantaranya mampu anda pergunakan untuk meminta izin tidak masuk sekolah, meminta permohonan dalam hal menjalin kerja sama dan pastinya masih banyak sekali manfaat lainnya. Buat anda yang belum mengerti bagaimana cara membuat surat permohonan. Kali ini kita akan membahas lebih mendetail lagi mengenai contoh surat permohonan yang bisa anda jadikan referensi.

Sebelum melakukan pembahasan lebih mendetail. Kini anda bisa mencari tahu apa sajakah hal penting yang perlu anda ketahui dalam pembuatan surat permohonan ini. Entah itu bagian surat, pengetikan atau bahkan penggunaan ukuran kertas yang perlu disesuaikan.

Dalam hal pengetikan surat haruslah rapi bahkan menggunakan font maupun ukuran yang mudah untuk dibaca. Penggunaan kop juga penting sekali jika surat tersebut memang ditujukan untuk lembaga yang sifatnya resmi.

Tentunya ada berbagai macam bagian surat permohonan yang perlu anda ketahui. Adapun bagian penting dari surat tersebut, diantaranya:

• Kop surat atau kepala surat
• Nomor, perihal dan tanggal surat
• Penerima surat
• Salam pembuka
• Isi surat
• Penutup
• Identitas pengirim

Dalam kehidupan keseharian kita, seringkali kita dihadapkan pada sebuah situasi yang tak mampu kita kerjakan sendiri sehingga membutuhkan bantuan maupun pertolongan dari orang lain.

Supaya permohonan ini bisa dikabulkan tentu saja anda perlu membuat sebuah surat permohonan dimana surat itu ditujukan kepada pihak yang telah bersangkutan. Bahkan surat permohonan ini juga bisa dipergunakan untuk mengajukan sebuah permintaan kepada orang lain.

Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat permohonan

Surat permohonan ini memang bersifat resmi sehingga dalam pembuatannya tergolong tidak mudah. Ada berbagai macam hal yang perlu anda perhatikan dalam pembuatan surat ini. Adapun hal yang perlu anda perhatikan yakni:

• Menuliskan identitas pemohon dengan lengkap dan jelas
Apabila anda mewakili sebuah perusahaan atau bahkan perseorangan, alangkah baiknya isi dari surat permohonan yang anda buat ini memuat ringkasan yang tepat dan juga singkat sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Buatlah tujuan dari permohonan ini dibuat sekaligus dengan alas an yang sudah melatarbelakanginya.

• Harap cantumkan batas waktu untuk menjawab permohonan
Hal ini pastinya bisa memudahkan anda dalam hal memperoleh sebuah kepastian mengenai diterima atau ditolaknya sebuah permohonan yang sudah anda ajukan. Jangan sampai lupa juga untuk mempergunakan gaya bahasa yang terbilang sopan bahkan juga menyiratkan sebuah kesungguhan dalam hal meminta sebuah permohonan.

• Usahakan menggunakan tata letak yang rapi dengan formatan yang teratur
Surat permohonan memang bersifat resmi sehingga anda perlu memperhatikan tata letak maupun format dari surat yang akan anda buat ini. Alangkah baiknya pada bagian atasnya anda lengkapi dengan kop surat yang menyatakan sebuah identitas organisasi maupun lembaga yang telah terkait. Jangan sampai format yang anda buat tidak memenuhi kriteria penulisan sebuah surat.

• Lengkapi dengan nomor surat, tanggal pembuatan surat permohonan
Memang sudah seharusnya dalam pembuatan surat ini harus anda lengkapi dengan tanggal pembuatan surat, nomor surat bahkan juga perihal kepentingan yang menyebutkan tujuan dari pembuatan surat ini. Selanjutnya pada bagian pembuka harus anda awali dengan salam, isi permohonan bahkan juga bagian penutup perlu diakhiri juga dengan salam. Ketika anda menuliskan isi dari surat permohonan sebaiknya anda cermati gaya bahasa yang dipilih.

Itulah tadi berbagai macam hal penting yang perlu anda perhatikan saat membuat sebuah surat permohonan dengan tujuan apapun itu. Semoga saja dengan berbagai macam contoh surat permohonan yang telah tersedia, bisa membuat anda lebih mudah dalam pembuatannya. Kali ini telah tersedia surat permohonan kerjasama dan juga surat permohonan izin suatu kegiatan yang bisa dijadikan contoh bagi anda.

Dalam melakukan sebuah kegiatan kerja sama umumnya sering dilakukan oleh sebuah organisasi atau bahkan lembaga yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan mendapatkan sebuah hasil akhir yang lebih maksimal.

Guna mengawali sebuah inisiatif kerjasama ini maka anda memerlukan salah satu pihak yang mampu membuatkan sebuah surat permohonan kerjasama untuk lembaga atau perusahaan yang ingin dituju. Dalam pembuatan surat ini, alangkah baiknya anda perhatikan berbagai macam contoh berikut ini:

Contoh Surat Permohonan Kerjasama kepada Suatu Perusahaan

Bandung. 24 Juni 2017
Nomor : 038/SPK/PBL-KM/VIII/15
Lampiran : 1 Buah Proposal
Perihal : Surat Permohonan untuk Kerjasama

Yth.
Ketua BPJS Kabutan Bandung
Ditempat

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Segala puji atas kehadiran Allah SWT, yang telah memberikan kita semua dengan berbagai macam nikmat syukur yang begitu banyak. Dan tak lupa juga sholawat serta salam kita panjatkan kepada Nabi Besar yaitu Nabi Muhammad SAW, sebagai pemimpin umat islam.
Sebuhungan dengan adanya penyelenggaraan Kegiatan Aksi Kreatifitas pada Masyarakat untuk Desa Lebih Sehat yang insyaallah akan diselenggarakan pada:

Tanggal: 5-17 Oktober 2017
Tempat: Desa Cimahi, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Serang

Maka kami sebagai mahasiswa maupun mahasiswi PBL.FKK Universitas Telkom Bandung bermaksud untuk memohon sebuah kerjasamanya dalam hal sosialisasi kepada pihak BPJS Kabupaten Bandung.

Sekian surat permohonan ini kami buat.Atas perhatian dan bantuan kerjasama yang diberikan oleh Bapak/Ibu, kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan

Sukabumi, 5 Agustus 2017

No: 05/IV/2017
Hal: Permohonan Izin Dalam Mengadakan Kegiatan
Lampiran: Kepada Yth.Ketua Rw.03

Di tempat

Dengan rasa hormat yang tinggi kepada Bapak RW 03 untuk memeriahkan sebuah acara ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 ini, kami sebagai pengurus organisasi karang taruna RW 03 menjunjung tekad besar untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan perlombaan yang nantinya akan diselenggarakan pada:

Hari: Minggu
Tanggal: 18 Agustus Tahun 2017
Pukul: 07.15 WIB-Selesai
Tempat: Lapangan Sepak Bola RW 03

Supaya acara yang kami selenggarakan ini bisa berhasil, kami selaku pengurus organisasi karang taruna Puri Cibereum Permai 1 dan juga sekaligus menjadi seorang panitia dalam penyelenggaraan acara tersebut meminta izin dan juga persetujuan untuk melegalkan lapangan sepak bola yang sudah dimiliki oleh RW03,supaya kegiatan dari acara yang sudah kami susun bisa berjalan dengan lancar hingga selesai.

Sekian surat permohonan ini kami buat, dengan adanya perizinan sekaligus persetujuan kami selaku pengurus dari karang taruna mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya.
Disini yang menandatangani

Ketua Karang Taruna RW 03

Itulah tadi sekilas saja contoh surat permohonan yang bisa anda jadikan referensi. Dari banyaknya jenis surat permohonan yang sudah tersedia, semuanya memang berbeda-beda sesuai dengan tujuan pembuatannya.

Yang terpenting anda bisa membuat sebuah surat permohonan dengan kalimat yang singkat bahkan selalu memperhatikan format maupun tata letak penulisan yang lebih rapi. Dengan begitu, para pembaca pun mampu menerima surat yang telah anda ajukan bahkan mereka pun bisa dengan mudah memahami isi dari surat yang sudah anda buat.

Apapun keperluan anda dalam membuat surat permohonan ini, karena sifatnya resmi tentu saja anda perlu memperhatikan berbagai hal penting didalamnya. Jangan sampai anda asal-asalan dalam pembuatannya, yang ada nantinya surat yang sudah anda buat ditolak oleh pihak perusahaan atau lembaga yang menjadi tujuan anda.

Secara inti sebetulnya dalam hal format penulisan hampir sama hanya saja untuk uraian isi dari surat permohonan beraneka macam sekali. Namun dengan berbagai macam contoh yang sudah tersedia, anda pastinya semakin paham dengan cara pembuatannya. Apalagi saat ini dalam media internet sudah banyak tersedia contoh dari surat permohonan dengan berbagai macam tujuannya sesuai dengan jenis surat permohonan tersebut.

Seperti yang sudah kita ulas tadi bahwa isi surat antara surat permohonan kerja sama dan juga surat permohonan izin kegiatan tentu saja berbeda dalam hal isi suratnya. Saat ini banyak sekali jenis surat yang telah hadir ditengah kita.

Terlebih untuk sebuah surat yang sifatnya resmi harus anda perhatikan lebih mendetail mengenai langkah cara pembuatannya. Ikutilah semua petunjuk yang ada jangan sampai melenceng dari sistematika pembuatan surat permohonan yang sudah tersedia. Pastikan bisa membuat contoh surat permohonan sesuai dengan tujuan pembuatan surat tersebut.

error: Maaf, jangan COPAS hihi