Contoh Teks Deskripsi Beserta Strukturnya dan Penjelasannya

Contoh Teks Deskripsi Beserta Strukturnya dan Penjelasannya

Maknai.com – Contoh teks deskripsi, Bila kamu pernah menemukan sebuah teks yang isinya menjelaskan informasi secara lengkap yang mendalam dan hal ini berhubungan dengan topik yang dibahas dalam teks tersebut maka ada kemungkinan besar bahwa itu adalah teks deskripsi. Sebab, ciri-ciri dari teks tersebut terbilang sangat menonjol, yakni teks deskripsi ini tersusun dari 3 struktur dan mempunyai tujuan yang jelas.

Dalam kehidupan ini, banyak sekali jenis – jenis teks dan salah satunya ialah teks deskripsi. Agar lebih paham mengenai teks deskripsi, disini saya akan mengurai dari beberapa contoh teks deskripsi.

Disini saya akan mengurai secara detail tentang teks deskripsi yang baik dan benar. Semua teks deskripsi yang sering kamu jumpai akan di bahas dalam kesempatan kali ini.

Definisi teks deskripsi

Definisi teks deskripsi ialah sebuah karangan yang gagasannya utama disampaikan menggunakan cara gambaran secara jelas objek, tempat ataupun peristiwa yang telah menjadi topik pada pembaca, sehingga para pembaca ini seolah-olah akan merasakan langsung apa yang telah diungkapkan dalam teks tersebut.

Definisi Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

Sesudah mengetahui secara umum dari pengertian teks deskripsi, simaklah definisi teks deskripsi berdasarkan pandangan para ahli.

1. Keraf (1995)
Menurut Keraf, Deskripsi juga dapat didefinisikan sebagai suatu wacana dengan berusaha menyajikan suatu hal ataupun objek pembicaraan yang seakan – akan bagi pembaca melihat sendiri objek tersebut se olah – olah ada di depan mata para pembaca.

2. Tarigan (1994)
Deskrisi ialah tulisan yang dapat melukiskan sebuah kisah yang bertujuan untuk mengajak para pembaca memahami dan merasakan serta menikmati objek yang sedang dibicarakan seperti pada suasana hati orang, aktivitas orang dan lain sebagainya.

3. Wiyanto (2014)
Menurut Wiyanto, defini Deskripsi ialah menguraikan ataupun melukiskan.
Dapat disimpulkan dari pemikiran para ahli, mereka mengatakan bahwa teks deskripsi ialah sebuah rencana ataupun wacana yang tersusun sebaik – baiknya yang dapat dipakai untuk menyajikan berbagai hal ataupun objek yang di dalamnya terkandung unsur penggambaran sehingga para pembaca seolah – olah dapat melihat dan juga merasakan sebuah objek tersebut yang sedang di ceritakan dalam teks tersebut.

Bahkan seolah – olah apa yang sudah diceritakan tersebut ada di depan mata oleh para pembaca.

Tujuan Teks Deskripsi

Tujuan teks ini berbeda dengan teks negosiasi, yang mana tujuan teks deskripsi sudah sangat jelas yakni agar orang yang membaca dari teks ini akan seolah – olah sedang merasakan secara langsung apa yang telah di jelaskan di dalam teks tersebut.

Ciri – ciri Teks Deskripsi

Untuk membedakan seperti apa teks deskripsi dengan teks lainnya, maka simaklah ciri – ciri dari contoh teks deskripsi dibawah ini :
– Paragraf atau karangan deskripsi ini lebih menggambarkan atau melukiskan pada sesuatu.
– Paragraf yang digambarkan sudah dijelaskan secara sangat jelas dan juga- terperinci serta melibatkan kesan indera.
– Pada saat pembaca membaca teks deskripsi, hal ini seolah – olah para pembaca akan merasakan langsung apa yang telah dibahas di dalam teks.
– Penggambaran ataupun penjelasan suatu objek yang jadi topik di tuliskan dengan detail.
– Teks deskripsi akan menjelaskan ciri – ciri fisik objek, misalnya seperti bentuk, ukuran, warna, ataupun ciri – ciri psikis (kondisi suatu objek secara rinci).

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Berikut ini adalah kaidah kebahasaan contoh teks deskripsi yang perlu anda ketahui. Umumnya kaidah kebahasaan yang dimiliki oleh teks deskripsi ini berbeda dengan teks lainnya. Diantara kaidah kebahasaan yang dimaksud adalah:

– Memakai kata benda sesuai dengan topik yang dideskripsikan. Misalnya seperti: sekolah, rumah, guruku, dan teman saya, dan lain sebaginya.
– Memakai frasa yang mengandung sebuah kata benda. Contohnya yakni beliau ialah seorang kepala sekolah yang sangat rendah hati, dan lain sebagainya
– Mengandung kata sifat dengan bersifat menggambarkan sesuatu. Misalnya seperti: dua kaos kaki putih, satu siswa rajin, dan lain sebagainya.
– Mengandung kata kerja yang Transitif untuk memberikan sebuah informasi subjek. Misalnya seperti: siswa itu menggunakan seragam putih biru, dan lain sebagainya.
– Mengandung kata kerja seperti (perasaan, pendapat) yang bertujuan mengungkapkan pandangan pribadi dari si penulis mengenai subjek. Misalnya seperti: saya pikir itu ialah kucing cerdas, saya yakin buku tersebut murah, dan lain sebagainya.
– Mengandung kata keterangan guna memberikan informasi tambahan tentang objek. Misalnya seperti: dengan cepat, di kantin, di rumah, dan lain sebagainya.
– Mengandung bahasa kiasan berbentuk perumpamaan ataupun metafora. Misalnya seperti: kulitnya lembut seperti pada benang sutra, dan lain sebagainya.

Struktur Teks Deskripsi

Untuk membangun sebuah karangan deskripsi secara utuh, maka perlu memenuhi 3 strukturnya yaitu :

1. Identifitas
Identitas adalah bagian yang isinya penentuan dari identitas seseorang, objek atau benda lainya.

2. Klasifikasi
Klasifikasi adalah sebuah unsur penyusun dengan bersisitem berkelompok menurut suatu kaidah ataupun standart yang memang sebelumnya telah ditetapkan.

3. Deskripsi
Struktur yang terakhir ialah deskripsi yang isinya gambaran atau penjelasan mengenai suatu objek, ataupun topik yang terdapat dalam teks tersebut.

Pola Pengembangan Teks Paragraf Deskripsi

Pola pengembangan pada contoh teks deskripsi terdapat 3 bagian, yakni pola pengembangan pada teks deskripsi subyektif, lalu pola pengembangan pada teks deskripsi spatial, dan juga pola pengembangan teks deskripsi obyektif. Berikut ini penjelasannya :

1. Deskripsi subjektif
Deskripsi subjektif adalah teks descriptif yang di dalamnya menggambaran obyek berdasarkan atas sebuah kesan yang dimiliki para penulis teks tersebut.

2. Deskripsi Spatial
Teks paragraf spatial ialah tek deskripsi dengan sebuah objek yang digambarkan hanya berwujud benda, tempat, ruang dan lain sebagainya.

3. Deskripsi Obyektif
Teks deskripsi jenis ini termasuk dalam teks deskripsi yang penggambaran sebuah objeknya digambarkan secara apa adanya berdasar keadaan objek yang sebenarnya dan tanpa penambahan opini dari si penulis itu sendiri.

Jenis-jenis Teks Deskripsi

Tesk deskripsi dibagi menjadi dua jenis yaitu teks deskripsi imaginatif dan juga teks deskripsi faktual.

1. Deskripsi Imajinatif (Impresionis)
Deskripsi imajinatif ataupun impresionis adalah paragraf dengan melukiskan ruang ataupun tempat berlangsungnya suatu peristiwa. Pelukisannya ini harus dilihat dari berbagai segi, agar ruang tersebut tergambar secara jelas di dalam pikiran serta perasaan para pembaca.

2. Deskripsi faktual (ekspositoris)
Deskripsi factual ataupun ekspositoris adalah paragraf yang menggambarkan pada suatu hal atau orang dengan ungkapkan identitasnya secara apa adanya. Jadi, pembaca dapat membayangkan keadaannya agar suatu objek mampu membangkitkan sebuah daya khayal pada diri pembaca. Si penulis ini juga harus melukiskan dari berbagai sudut pandang.

baca juga: contoh teks laporan hasil observasi

Semakin rinci penulisannya, maka akan semakin jelas tergambar di dalam bayangan pembaca. Apabila objek dari lukisan itu adalah seseorang, perinciannya bisa dilakukan terhadap aspek fisik ataupun aspek rohaninya. Aspek rohani mencakup perasaan, watak, bakat, atau peranannya dalam suatu bidang kerja, dan lain sebagainya.

Langkah – langkah dalam Membuat Teks atau Paragraf Deskripsi

– Menentukan tema atau objek yang akan dibahas.
– Menentukan tujuan.
– Mengumpulkan data – data dan lakukan sebuah pengamatan langsung tetang objek yang akan dibahas.
– Sesudah data – data terkumpul, susunlah data tersebut jadi sebuah kerangka karangan.
– Uraikan kerangka karangan tersebut menjadi teks deskripsi yang sesuai dengan topik.

Contoh Teks Deskripsi

Untuk lebih memahami mengenai teks deskripsi simaklah contoh teks deskripsi berikut ini :

Contoh 1

Pempek adalah salah satu makanan khas dari daerah Palembang. Makanan lezat ini dibuat dari campuran tepung terigu, tepung tapioka dan gilingan ikan segar beserta bumbu lainnya. Pempek ini banyak sekali macam nya mulai dari pempek pempek ikan, kapal selam, pempek lenjer dan lain sebagainya.

Contoh 2

Tania adalah penjaga perpustakaan yang sangat cantik. Ia mempunyai rambut panjang berwarna hitam. Kulitnya putih dan juga merona, wajahnya cantik dan juga indah. Siapa saja yang telah melihatnya akan merasa tenang. Dia juga sangat ramah kepada setiap orang, wajar jika tania banyak digemari beberapa teman sekelasnya.

Contoh 3

Akup mempunyaii kucing yang bernama mawar, dengan bulu yang berwarna hitam dan putih, dengan putih sebagai warna dominan. Mawar mempunyai ekor panjang dan sangat lucu, mawar sangat suka memakan ikan dengan nasi, ketika mawar lapar dia akan mengeong untuk meminta makan.

Contoh Teks Deskripsi Besera Strukturnya

Sudah dijelaskan diatas bahwa Paragraf deskripsi ini terbagi menjadi 3 jenis di mulai dari spasial, obyektif, sampai subyektif. Berikut ini penjelasan langsung dengan contoh teks deskripsi yang dimaksud :

1. Contoh teks dekripsi Spasial : Kamar dengan ukuran 7 x 5 meter ini amat nyaman guna ditempati. Dengan dinding yang dicat merah dan beberapa stiker yang menempel di tembok pun menghias di bagian dalam ruangannya. Sofa merah marun terdapat di ujung ruang serta ditambah lampu hias di kedua sisinya.

2. Contoh teks dekripsi Obyektif : Candi Borobudur ialah salah satu candi yang tertua yang ada di Indonesia. Lokasinya ada di Kabupaten Magelang, di Provinsi Jawa Tengah. Candi ini ialah situs purbakala yang termasuk peninggalan Kerajaan Buddha.

3. Contoh teks dekripsi Subyektif : Ibu Rina ialah tetangga di sebelah rumahku. Ketika bepergian, terkadang Ibu Rina menggunakan kacamata dan rambut digerai. Meski sudah mempunyai dua anak, namun Ibu Rina masih tetap terlihat cantik dan awet muda.

Berdasarkan dari definisi yang sering saya peroleh mengenai teks deskripsi ialah sebuah teks ini yang hampir mirip dengan teks laporan. Mengapa keduanya ini dapat dikatakan mirip? Karena diantara keduanya sama – sama memiliki tujuan yang menjelaskan suatu kondisi pada saat itu. Supaya para pembaca bisa merasakan apa yang telah diceritakan di dalam teks tersebut.

Akan tetapi, pada dasarnya contoh teks deskripsi dan juga teks laporan ini merupakan dua teks yang amat berbeda. Salah satu contoh perbedaannya kalau teks laporan ini bersifat universal, sementara teks deskripsi memiliki sifat yang unik dan juga tidak berkelompok atau disebut individual.

Itulah penjelasan mengenai contoh teks deskripsi yang bisa menjadi tambahan informasi untuk kalian. Dengan penjabaran tersebut maka diharapkan kamu bisa berbahasa Indonesia dengan lebih baik dan benar. Selamat belajar serta semoga tetap dalam prestasi yang lebih baik!

error: Maaf, jangan COPAS hihi