3+ Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

0
Contoh Teks Eksposisi

Maknai.comContoh Teks Eksposisi, Jika membicarakan tentang teks eksposisi, pasti sangatlah erat dengan pelajaran bahasa Indonesia. Teks Eksposisi ini merupakan salah satu bagian dari berbagai jenis-jenis teks yang ada, selain dari teks narasi, teks deskripsi, dan masih banyak lagi.

Sama seperti teks-teks lain yang ada pada bahasan Indonesia, artikel ini akan membahasa tentang teks eksposisi yang mana memiliki ciri-ciri tersendiri atau khusus, jenis kalimat, struktur kalimat dan juga unsur kebahasannya, contoh teks eksposisi dan sebagainya.

Apa Itu Contoh Teks Eksposisi?

Teks eksposisi merupakan suatu paragraf atau karangan yang mana di dalamnya terdapat atau terkandung sejumlah informasi tentang isi dari paragraph tersebut dan ditulis dengan maksud untuk menjabarkan atau menjelaskan dengan gaya penulisan yang lebih singkat padat dan jelas.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

– Penyapaian teks secara jelas, menggunakan bahasa Indonesia baku dan lugas
– Mengadung gaya informasi persuasif atau mengajak
– Bersifat tidak memihak atau tidak memaksakan kemauan dari penulis kepada pembaca
– Menjabarkan informasi-informasi yang menambah wawasan
– Teks eksposisi ini memiliki sifat netral serta objektif
– Menyajikan fakta yang digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi
– Penjelasan disertai data-data yang akurat dan terpercaya

Struktur Teks Eksposisi

a. Tesis (Pernyataan)

Tesis merupakan bagian yang memiliki isi berupa sudut pandang dari penulis terhadap dari setiap masalah yang akan dibahas topiknya

Tesis ini sudah dipastikan berdasarkan dari suatu bentuk pernyataan yang akan diperkuat dengan suatu argumen.

b. Argumentasi

Argumentasi adalah bentuk alasan atau bukti yang digunakan dalam mengokohkan suatu pendapat pada tesis. Meskipun prakteknya sendiri dapat digunakan untuk menyanggah suatu pernyataan.

c. Penegasan Ulang Pendapat

Bagian ini adalah kesimpulan yang menegaskan kembali tesis yang dibahas dari awal teks eksposisi dan juga penguat argumentasi yang ditunjang berdasarkan fakta.

Jenis Teks Eksposisi

Berikut merupakan beberapa jenis dari contoh teks eksposisi:

– Teks Eksopsisi Definisi, merupakan paragraf eksposisi yang memaparkan definisi atau pengertian suatu topik
– Teks Eksposisi Proses, merupakan tahapan-tahapan atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir
– Teks Eksposisi Ilustrasi, merupakan sebuah paragraf yang menyajikan informasi atau penjelasan-penjelasan tertentu, dengan memberikan suatu gambaran atau penjelasan tertentu terkait suatu topik dengan topik lain yang memiliki kesamaan sifat.
– Teks Eksposisi Laporan, merupakan paragraf eksposisi yang mengemukakan laporan dari suatu peristiwa atau penelitian
– Teks Eksposisi Perbandingan, merupakan sebuah paragraf eksposisi yang ide atau gagasan utamanya dipaparkan dengan cara membandingkan dengan yang lainnya
– Teks Eksposisi Pertentangan, merupakan paragraf atau karangan yang berisikan hal pertentangan akan suatu hal dengan lainnya

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Kaidah kebahasaan merupakan bagian-bagian yang menyusun teks eksposisi, diantaranya sebagai berikut:

– Pronomina, kata ganti orang yang dapat digunakan terutama ketika pernyataan pendapat pribadi diungkapkan
– Konjungsi atau Kata Penghubung, dalam teks eksposisi ini konjungsi digunakan untuk memperkuat suatu argumentasi
– Kata Leksikal, diantaranya ada nomina, verba, adjektiv dan adverbia

Contoh Teks Eksposisi

Setelah kita membahas tentang teks eksposisi itu sendiri, sekaran saya akan berikan beberapa contoh yang dapat kamu jadikan sebagai referensi.

Contoh Teks Eksposisi 1

Fakta Hukum di Indonesia

Tesis:

Semestinya hukum di Indonesia sebagaimana yang telah diatur pada Undang-undang sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan.

Akan tetapi, faktanya kerapkali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan koruptor, itulah terjadi saat ini.

Argumentasi:

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatannya masih terbilang ringan, bahkan ada koruptor yang mendapatkan tunjangan fasilitas mewah padahal sudah dianggap merugikan negara.

Seringkali kita melihat berita bahwa seorang maling, pencopet dan penjambret dihajar masa hingga tewas. Namun, belum pernah kita mengetahui koruptor di Indonesia dikeroyok masa sampai tewas.

Penegasan Ulang:

Hukum di Indonesia itu bisa dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani.

Kasusnya hanya karena diduga mencuri kayu, ia terancam dengan hukuman selama lima tahun penjara. Sungguh ironis dan tidak adil memang, apabila dibandingkan dengan hukuman yang akan diterima oleh koruptor.

Contoh Teks Eksposisi 2

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Tesis:

Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia.

Yang mana, kurikulum 2006 yang sudah lama digunakan dirubah dengan kurikulum 2013. Meskipun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum tersebut.

Argumentasi:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan memaparkan bahwa, kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional.

Terjangkaunya distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013. Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang dilandasi pendekatan ilmiah.

Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara proses belajar dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa kepada manusia yang diberi berkat untuk mengelola alam ini.

Khususnya mengacu pada proses belajar mengajar yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.

Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berpendapat, bahwa Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan praktik daripada hafalan.

Karena selama ini, siswa banyak dibebani hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan kreativitas.

Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap siswa dididik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan karakter.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta mengatakan bahwa kurikulum 2013 ini mempunyai tujuan untuk mencetak karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya.

Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menonjolkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai bangsa Indonesia dan berkualitas.

Penegasan Ulang:

Akan tetapi, banyak juga dari masyarakat yang menolak penerapan kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dinilai sangat mendadak dan cenderung dipaksakan.

Bahkan, ada yang berpendapat kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda.

Walaupun mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, namun tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa akan semakin menurun karena mata pelajaran tersebut tidak dibahas secara utuh dan dibuat secara terpisah-pisah.

Contoh Teks Eksposisi 3

Bias Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Tesis:

Di saat kondisi perekonomian global yang tengah krisis, torehan pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan hasil yang positif.

Jika dibandingkan, pada triwulan kedua tahun ini dengan periode yang sama tahun lalu, ekonomi Indonesia meningkat kurang lebih 6,4 persen.

Pertumbuhan ini tetap masih terpusat di Pulau Jawa dengan peningkatan sebesar 57,5%. Apabila di akumulasikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I tahun 2012 lebih baik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang tumbuh sekitar 6,3%.

Argumentasi:

Akan tetapi, pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai mengalami bias atau anomali. Hal ini dikatakan oleh Salamuddin Daeng, pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice. Ia berpendapat, pertumbuhan ekonomi ini tidak diikuti dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tidak hanya itu, Daeng juga memaparkan, sekurang-kurangnya ada empat faktor yang membuat ekonomi Indonesia mengalami bias.

Pertama, perekonomian Indonesia lebih banyak ditengarai oleh utang asing yang nilainya terus meningkat.

“Utang Indonesia mencapai Rp. 2.865 triliun. Utang asing pemerintah meningkat setiap tahunnya. Utang ini menjadi sumber penghasilan utama pemerintah dan menjadi pendorong tumbuhnya ekonomi Indonesia,” ujar Daeng.

Kedua, peningkatan konsumsi masyarakat dinilai ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Konsumsi masyarakat yang meningkat bersumber dari harga sandang pangan yang mengalami kenaikan, serta disokong oleh pertumbuhan kredit terutama kredit konsumsi.

Ketiga, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didorong oleh ekspor bahan mentah, contohnya hasil perkebunan, hutan, migas dan bahan tambang, sehingga kurang menciptakan nilai tambah dan lapangan pekerjaan.
Faktor terakhir, pertumbuhan ekonomi Indonesia didorong oleh penanaman asing yang menjadikan sumber daya alam Indonesia makin dikuasai asing.

Di lain pihak, A Tony Prasetiantono, Pengamat Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia ditopang oleh sektor domestik.

Menurutnya, dampak krisis global melalui defisit neraca perdagangan dan penurunan ekspor baru akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Ia menilai kontribusi ekspor terhadap PDB tidak besar.

Selaras dengan itu, ekonom Mirza Adityaswara berpendapat bahwa sejumlah sektor ekonomi dalam negeri tumbuh karena didorong oleh suku bunga rendah. Hal ini tampak dari peningkatan kredit yang mencapai 26-28% sekaligus didukung oleh harga BBM yang rendah sebab masih disubsidi oleh pemerintah.

Lebih lanjut Mirza meyampaikan, sektor yang berorientasi dalam negeri mengalami pertumbuhan tinggi, misalnya otomotif, manufaktur, transportasi, komunikasi, dan perdagangan.

Dampaknya pertumbuhan sektor yang berorientasi dalam negeri memiliki kecenderungan defisit neraca perdagangan yang semakin besar.

Penegasan Ulang:

Menurut A Tony Prasetiantono, belanja pemerintah yang lebih cepat dan besar juga sangat membantu pertumbuhan. Seiring dengan hal itu, tingkat inflasi yang berada di bawah 5 % cukup membantu, walaupun hal tersebut ada dampaknya, yakni nilai subsidi energi yang terus membengkak yang sebetulnya tidak sehat.

Itulah beberapa contoh teks eksposisi yang dapat kamu jadikan sebagai referensi ketika hendak membuat teks eksposisi kamu sendiri. Semoga bermanfaat.