13 Manfaat Daun kelor Untuk Kesehatan Tubuh

13 Manfaat Daun kelor Untuk Kesehatan Tubuh

Maknai.com – Jika mendengar kata manfaat daun kelor tentu saja sudah tak asing lagi di telinga kita. Apalagi ada sebuah perumpaan dunia tak selebar daun kelor. Meskipun dari segi ukurannya kecil ternyata ada banyak manfaat penting yang bisa anda dapatkan untuk kesehatan tubuh. Daun kelor ini memiliki bentuk kecil-kecil dan bulat lonjong. Bahkan tersusun rapi pada sebuah tangkai yang rapuh.

Mungkin saja selama ini masyarakat beranggapan bahwa manfaat daun kelor begitu identik dengan mistik. Hal ini memang benar adanya sebab biasanya daun kelor ini bisa dipergunakan untuk mengusir makhluk yang tak kasat mata. Bahkan seringkali daun tersebut dipergunakan sebagai bahan untuk memandikan jenazah. Lantas akankah anda tahu manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh kita?

Daun kelor ini memang mengandung segudang manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Adanya kandungan asam amino esensial yang terdapat di dalamnya bisa membantu tumbuh kembangnya bayi yang masih berada dalam kandungan. Wajar saja jika daun tersebut di rekomendasikan bagi mereka ibu hamil supaya kondisi tubuh sekaligus janinnya semakin sehat.

Jika anda merasa penasaran dengan beragam kanudngan zat yang ada dalam daun kelor, inilah berbagai kandungan yang perlu anda ketahui yakni:

– Potasium sebanyak tiga kali lipat daripada pisang.
– Vitamin C sebanyak tujuh kali lipat daripada jeruk.
– Kalsium empat kali lipat daripada susu.
– Vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari wortel.
– Dua kali lipat protein dari pada susu.

Manfaat Daun Kelor Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Dari banyaknya kandungan zat yang ada dalam daun kelor ini, wajar saja banyak manfaat yang bisa di dapatkan. Mungkin banyak di antara anda yang belum mengerti manfaat daun kelor ini. Padahal banyak sekali penyakit yang bisa anda sembuhkan dengan memanfaatkan daun kelor tersebut. Buat anda yang merasa penasaran dengan khasiatnya sekaligus cara meramunya. Inilah berbagai macam manfaat daun kelor bagi kesehatan yang haru anda ketahui. Di antaranya:

1. Mampu membuat mata sehat

Awalnya mungkin terdengar sedikit meragukan sekali. Apalagi banyak yang percaya bahwa kesehatan mata itu bisa didapatkan dari tomat, wortel bahkan pepaya sekalipun. Meskipun kelor ini tidak berwarna merah namun daun kelor ini mempunyai kandungan vitamin A yang cukup banyak sehingga mampu membuat mata anda semakin sehat.

2. Mengobati penyakit kanker

Dari sejumlah hasil penelitian yang ada, manfaat daun kelor bagi kesehatan ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat kanker. Adapun untuk penyakit kanker yang bisa di obati meliputi penyakit kanker paru, kanker payudara bahkan kanker kulit sekalipun. Daun kelor ini memang kaya akan kandungan karotenoid, potassium, antioksidan, protein dan masih banyak lagi senyawa lain yang mampu menangkal bebas pertumbuhan kanker.

Dari informasi yang kita ketahui bahwasanya penyakit kanker ini menjadi salah satu penyakit yang sangat membahayakan kesehatan tubuh. Jadi alangkah baiknya anda mencoba memanfaatkan daun kelor ini untuk mengobati penyakit kanker yang anda derita.

3. Mampu menurunkan kadar gula

Ada pula penelitian yang mengatakan bahwa khasiat dari daun kelor olahan ini baik berupa sayur maupun teh bisa menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan. Tak heran lagi jika kebanyakan orang yang tinggal di India lebih memilih daun kelor sebagai obat herbal yang bisa menurunkan kadar gula.

4. Sebagai zat antioksidan

Antioksidan ini merupakan salah satu senyawa yang mampu melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Tingginya tingkatan radikal bebas ini bisa menyebabkan stress yang nantinya akan berhubungan dengan penyakit jantung. Ada beberapa senyawa yang sudah di temukan dalam daun kelor ini. Mulai dari vitamin C, asam klorogenik dan lain sebagainya.

5. Mampu menurunkan kadar kolesterol

Ada kalanya mempunyai kolesterol yang tinggi berhubungan dengan meningkatnya resiko terkena penyakit jantung. Beruntung sekali ada banyak makanan nabati yang terbukti efektif mampu mengurangi kadar kolesterol. Jika kadar kolesterol yang ada dalam tubuh anda lumayan tinggi, alangkah baiknya anda mengkonsumsi daun kelor ini. Semoga saja semakin lama seiring berjalannya waktu kadar kolesterolnya bisa menurun.

6. Sebagai gizi untuk ibu yang sedang menyusui

Siapa sangka bahwa ibu yang sedang menyusui ini ternyata sangat butuh asupan gizi yang cukup supaya kesehatan bayi masih tetap terjaga. Mengkonsumsi daun kelor pun juga disarankan bagi ibu yang sedang menyusui. Hal ini di karenakan beliau sangat membutuhkan asupan zat besi yang cukup untuk tubuhnya.

Tak hanya itu saja, ternyata daun kelor ini juga bagus untuk seorang wanita yang sedang mengalami anemia karena sedang datang bulan. Adanya kandungan zat besi yang ada dalam daun kelor ini begitu tinggi sekali sehingga mampu memulihkan adanya gejala kurang darah. Hanya saja yang perlu anda ingat bahwa daun kelor ini ternyata tidak di rekomendasikan bagi ibu yang sedang hamil.

7. Sebagai Anti-Aging

Bukan hanya kaya akan kandungan vitamin A saja namun daun kelor ini ternyata juga mempunyai manfaat sebagai antioksidan. Bagi anda yang sudah masuk dalam masa menopause, mengkonsumsi daun kelor secara rutin pastinya bisa memperlambat adanya efek penuaan. Kandungan dari antioksidan yang cukup tinggi ini bisa mencegah adanya efek radikal bebas sehingga kadar hormon dalam tubuh bisa seimbang bahkan efek penuaan pun semakin lambat.

8. Sistem pencernaan semakin sehat

Bagi anda yang mempunyai permasalah dengan system percernaan kini bisa mengkonsumsi daun kelor secara rutin. Manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh ini terjaga juga bisa menjaga kesehatan pencernaan anda. Bahkan fungsi dari daun kelor ini juga bisa dijadikan sebagai anti inflamasi. Apabila anda bisa mengkonsumsinya secara rutin, tentu saja kondisi pencernaan anda pun kini akan semakin membaik.

9. Fungsi otak bisa terjaga

Banyak sekali orang yang mengeluh mempunyai permasalah dengan suasana hatinya. Bahkan beberapa orang pun mungkin mempunyai permasalah psikis seperti halnya depresi. Terkait dengan hal ini maka daun kelor ini mempunyai banyak manfaat yang besar untuk menjaga fungsi otak supaya tetap dalam pikiran yang stabil. Itu artinya jika anda mampu mengkonsumsi daun kelor ini secara teratur maka kemungkinan seseorang mengalami depresi semakin kecil saja.

10. Mampu mengobati cacingan

Siapa sangka ternyata daun kelor ini juga mempunyai manfaat lain bagi kesehatan tubuh yakni mengobati cacingan. Obat tradisional untuk penyakit cacingan yang berasal dari daun kelor ini mudah sekali pembuatannya cukup dengan merebus 3 lembar daun kelor bersamaan dengan daun cabai dan juga meniran. Untuk air hasil rebusan daun kelor tadi kemudian bisa anda minumkan pada anak anda.

Itulah tadi berbagai macam manfaat daun kelor yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Setidaknya setelah mengetahui berbagai macam manfaatnya ini anda bisa mengambil manfaat daun kelor tersebut.

Bagaimanakah Cara Mengolah Daun Kelor yang Tepat?

Sebetulnya daun kelor ini juga bisa anda makan mentah yang terpenting di cuci sampai bersih terlebih dahulu. Hanya saja jika anda menginginkan sensasi yang di rasa berbeda, kini anda bisa mengolah daun kelor ini dengan berbagai langkah cara, yakni:

1. Membuatnya Menjadi Teh Kelor

Cara membuat teh kelor ini sebetulnya sangat mudah sekali jika anda mengetahui langkah caranya. Saya yakin semua orang bisa membuat ramuan yang satu ini. Lantas bagaimanakah cara membuat teh kelor ini? Berikut langkah cara yang bisa anda lakukan:

– Mengambil daun kelor secukupnya saja kemudian pisahkan dari rantingnya.
– Cucilah sampai bersih daun kelor tadi.
– Keringkan terlebih dahulu di bawah teriknya matahari.
– Tunggulah sampai benar-benar bisa kering baru kemudian di tekan sedikit saja sampai bisa hancur.
– Tumbuklah sampai halus hingga menjadi bubuk.
– Letakkan bubuk kelor tadi dalam sebuah botol kering steril.
– Persiapkan air panas yang mendidih sekitar 150 hingga 200ml.
– Campurkanlah bubuk kelor tadi secukupnya saja.
– Diamkan saja dalam kurun waktu kurang lebih selama 10 hingga 15 menit.
– Kemudian saring saja ampas dari air.
– Anda pun bisa menikmatinya dengan memberikan sedikit gula.

2. Membuatnya Menjadi Sayur Kelor

Ternyata manfaat daun kelor ini juga bisa anda dapatkan dari sayur kelor. Pastinya anda penasaran sekali bagaimana bisa daun kelor di buat menjadi sayur. Sebetulnya sangat mudah sekali sebab anda bisa membuat daun kelor ini menjadi lauk sayur untuk melengkapi menu makan anda. Dalam hal pengolahannya cukup mengambil daun kelor yang sebelumnya sudah di bersihkan baru kemudian di lanjutkan dengan memasaknya. Bisa dengan di tumis atau di oseng.

3. Membuat Pasta Kelor Untuk Masker Wajah

Kini daun kelor yang sudah di olah menjadi pasta ternyata bisa anda manfaatkan sebagai masker wajah. Masker yang terbuat dari bahan daun kelor ini terbukti sangat bagus untuk kesehatan wajah anda. Jika anda merasa penasaran dengan cara pembuatan pasta kelor. Ada baiknya anda ikuti berbagai langkah caranya berikut ini:

– Persiapkan daun kelor yang masih segar kemudian pisahkan dari bagian rantingnya.
– Mencuci bersih daun kelor tadi.
– Mempersiapkan wadah yang bersih.
– Campurkan daun dengan sedikit air.
– Tumbuklah sampai akhirnya bisa membentuk pasta.
– Oleskan secara merata pada seluruh wajah.
– Diamkanlah dalam kurun waktu 10 hingga 30 menit lamanya.
– Bilas wajah dengan menggunakan air yang masih hangat.

Dari berbagai macam cara pengolahan daun kelor ini, kini anda bisa mengolahnya sesuai dengan keinginan anda. Setidaknya anda tak perlu bingung lagi jika ingin mengambil manfaat dari daun kelor tersebut. Setidaknya anda sudah mempunyai gambaran mengenai cara pengolahannya supaya bisa mendapatkan khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Apakah ada efek samping daun kelor?

Daun kelor ini sebetulnya cukup aman ketika diminum bahkan jika penggunaannya tepat. Daun, buah maupun biji-bijian pada dasarnya memang aman untuk di konsumsi sebagai makanan. Hanya saja hindarilah mengkonsumsi akarnya sebab ada kandungan zat beracun di dalamnya. Konsumsi daun kelor juga perlu dihindari untuk ibu hami sebab bahan kimia yang ada didalamnya bisa menimbulkan komplikasi selama masa kehamilan. Jadi anda perlu berhati-hati jika ingin mengkonsumsi ramuan tersebut.

error: Maaf, jangan COPAS hihi