7 Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan Maupun Kesehatan Tubuh

0
Manfaat Daun Seledri
Image by: Hello Sehat

Maknai.com – Seperti yang sudah kita kenal bahwa di Indonesia, daun seledri ini biasanya sering dipergunakan sebagai pelengkap makanan yang nantinya akan di sajikan. Daun seledri yang terlihat begitu segar sudah di cincang sekaligus di taburkan di bagian atas masakan. Siapa sangka ternyata daun seledri ini bukan hanya mampu membuat makanan semakin nikmat namun juga berkhasiat untuk kesehatan maupun kecantikan. Manfaat daun seledri saat ini sudah bisa kita rasakan dengan meramunya sebagai obat tradisional.

Seledri menjadi salah satu jenis sayuran yang sudah di manfaatkan di berbagai negara. Sajian sup memang tak pernah lengkap tanpa adanya daun seledri. Bukan hanya di konsumsi seledri namun seledri ini bisa dijadikan sebagai bumbu yang bisa di keringkan. Daun seledri ini mempunyai kandungan vitamin A dan juga vitamin B dengan kadar yang lumayan tinggi. Tentunya kandungan tersebut bisa menyehatkan mata sekaligus menguatkan stamina tubuh.

Bahkan di dalam tanaman tersebut juga mengandung banyak unsur yang bagus untuk kesehatan tubuh. Kandungan dari daun seledri ini seperti zat besi, kalsium, potasium, sulfur dan fosfor. Jika anda merasa penasaran dengan beragam manfaat daun seledri bagi kesehatan maupun kecantikan. Ada baiknya anda perhatikan berbagai informasi berikut.

Manfaat Daun Seledri Baik Bagi Kecantikan Wajah

Memang banyak sekali manfaat daun seledri entah untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh. Mungkin masih banyak orang yang belum mengerti akan khasiatnya. Seledri ini biasanya di pergunakan untuk perawatan wajah yang mampu memutihkan sekaligus menyegarkan kulit wajah. Setiap wanita pastinya ingin mempunyai kulit wajah yang puth, bersih dan bercahaya.

Cara mengambil manfaat daun seledri untuk kecantikan wajah sebetulnya mudah sekali. Hanya dengan merebus satu genggam daun seledri dalam satu liter air. Biarkan saja dalam kurun waktu 15 menit baru kemudian pergunakan untuk membersihkan wajah saat pagi dan sore hari selagi masih hangat. Membersihkan wajah menggunakan air rebusan daun seledri ini memang di percaya mampu mengobati jerawat sekaligus menghilangkan flek hitam yang ada di wajah.

Tentunya setiap wanita selalu memimpikan kulit wajah yang cantik dan bersih tanpa adanya jerawat. Jika jerawat muncul rasanya seakan kurang percaya diri tampil di hadapan umum. Hingga akhirnya banyak wanita rela menempuh berbagai macam cara untuk mendapatkan wajah yang putih dan bersih. Salah satunya tentu saja bisa dengan mengambil manfaat dari daun seledri ini.

Manfaat Daun Seledri Yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Selain dikenal sebagai sayuran yang biasanya dijadikan sebagai pelengkap untuk sebuah masakan. Ternyata daun seledri ini kaya akan manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Mungkin masih belum banyak orang yang mengerti akan khasiat dari daun seledri ini. Supaya anda tidak merasa penasaran lagi dengan beragam manfaatnya. Inilah manfaat daun seledri bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Yaitu:

1. Mampu Mengobati Penyakit Kencing Batu

kencing berdiri
Image by: hellosehat.com

Buat anda para penderita penyakit kencing batu, saat ini sudah bisa memanfaatkan daun seledri untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Cara meramunya menjadi obat sebetulnya mudah sekali yakni:

– Menyiapkan 50 gram daun seledri
– Rebuslah dalam 1 liter air selama 15 menit
– Hasil air rebusan tadi bisa diminum sebanyak 2 kali dalam sehari

2. Mampu Menyembuhkan Hipertensi

hipertensi
Image by: lampost.co

Adakalanya penyakit hipertensi susah sekali untuk di sembuhkan. Meskipun sudah mengkonsumsi beragam obat, nyatanya tetap saja belum mampu kembali dalam kondisi normal. Hingga akhirnya anda pun berencana untuk mencoba ramuan alami yang berasal dari daun seledri. Ternyata daun ini berkhasiat juga untuk menyembuhkan hipertensi.
Apabila anda ingin mengambil manfaat dari daun seledri ini. Ada dua langkah cara yang bisa dilakukan. Yakni:

– Menyiapkan 20 tangkai daun seledri
– Mencucinya sampai bersih kemudian dilumatkan
– Berikan sedikit air masak lalu peras
– Minum airnya sebanyak 2 sendok makan 3 x sehari
– Lakukan saja hal ini secara rutin selama 3 hari lamanya
Ada juga cara kedua yang bisa dilakukan yakni:
– Mencuci 15 batang daun seledri
– Merebusnya dengan 2 gelas air sampai hanya tertinggal ¾ saja
– Hasil rebusannya ini bisa di minum separuh pagi dan separuh malam

3. Mampu Menyuburkan Rambut

rambut lurus
Image by: hariangadis.com

Ada kalanya banyak yang mengeluhkan rambutnya yang kurang subur. Sudah mencoba berbagai jenis shampoo namun belum bisa menyuburkan rambutnya. Kini cobalah untuk menggunakan ramuan daun seledri untuk mengatasi permasalahan ini. Caranya cukup mudah sekali yakni:

– Menyiapkan 5 tangkai daun seledri kemudian lumatkan
– Berikan air sebanyak 3 sendok makan
– Peras dan air perasannya bisa dioleskan pada bagian kulit kepala
– Lakukan secara rutin setiap harinya

4. Mampu Menghilangkan Minyak di Wajah

wajah berminyak

Setiap wanita pastinya ada yang mempunyai tipe wajah berminyak. Hingga akhirnya rasa kurang percaya diri pun muncul karena adanya minyak yang berlebih pada wajah. Kini minyak berlebih pada wajah bisa diatasi dengan ramuan dari daun seledri. Cara membuatnya mudah yaitu:

– Menyiapkan 3 batang daun seledri kemudian cuci sampai bersih
– Potonglah menjadi kecil-kecil
– Seduhlah dan tutupi selama beberapa menit
– Biarkan terlebih dahulu sampai dingin
– Kemudian simpanlah dalam lemari es
– Oleskan pada bagian wajah yang telah di bersihkan
– Saat sudah kering, kemudian bilas dengan air yang bersih
– Lakukan cara ini secara teratur supaya mendapatkan hasil yang maksimal

5. Mampu Menyembuhkan Penyakit Asma

asma
Image by: hellosehat.com

Bagi anda yang menderita penyakit asma, mungkin saja sempat merasa risih kala penyakit ini kambuh. Sebetulnya ada ramuan obat dari bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk menyembuhkan penyakit asma ini. Salah satunya tentu saja ramuan dari daun seledri. Cara meramunya dengan langkah berikut ini:

– Menyiapkan 3 tangkai daun seledri, 9 daun randu
– Cucilah sampai bersih kemudian lumatkan
– Berikan gula aren, sedikit garam dan juga ½ gelas air
– Aduklah sampai merata kemudian saring
– Minum ramuan ini sebelum sarapan selama 3 hari secara rutin

6. Mampu Mendukung Sebuah Program Diet

diet

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Kini bisa mencoba mengkonsumsi ramuan dari daun seledri. Sayuran yang satu ini memang kaya akan serat bahkan juga rendah kalori. Sehingga tepat sekali jika anda manfaatkan sebagai pendukung program diet yang anda jalankan. Kini anda sudah bisa menambahkan manfaat daun seledri ini dalam menu harian yang di sajikan. Rasakan khasiat dari ramuan yang berasal dari daun seledri ini. Semoga saja progam diet yang sedang anda jalankan bisa berjalan dengan lancar.

7. Mampu Meredakan Rasa Nyeri Saat Haid

haid
Image by: go-dok.com

Ketika haid datang, setiap wanita pastinya pernah mengeluhkan berbagai macam permasalahan. Salah satunya dengan adanya rasa nyeri ketika haid datang. Rasa nyeri ini ada kalanya tak tertahankan dan bisa membuat siapapun merasa kurang nyaman. Entah dalam beraktifitas apapun itu. Kini anda bisa mengkonsumsi sebuah produk yang mempunyai kandungan biji seledri dengan beragam bahan lain.

Itulah tadi beragam manfaat yang bisa di dapatkan dari daun seledri ini. Meskipun belum banyak yang mengenal khasiatnya, kini anda pun sudah tahu apa saja manfaatnya. Pastikan anda para penderita penyakit diatas, bisa mengambil manfaat dari daun seledri ini.

Variasi Penyajian Dari Daun Seledri

Selain mengandalkan manfaat daun seledri dalam masakan, kini batang maupun biji seledri juga bisa dimanfaatkan untuk beragam variasi penyajian lainnya. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari daun seledri ini. Jika anda berencana membuat jus seledri, sebaiknya lengkapilah dengan beragam bahan lainnya. Seperti buah pir, bayam, perasan air lemon dan lain sebagainya. Caranya juga mudah sekali hanya dengan memotong kecil seledri dan bayam. Baru kemudian dimasukkan dalam blender. Jangan lupa menambahkan perasan air lemon dan juga es batu. Saringlah jus yang telah di blender sebelum akhirnya di minum.

Selain bisa di jadikan sebagai campuran jus, kini seledri juga bisa anda sajikan sebagai minuman yang menyegarkan. Masukkan saja daun seledri bersama daun ketumbar sekaligus gula cair dalam sebuah gelas. Jangan lupa menambahkan perasan lemon sesuai dengan selera sebelum akhirnya menambahkan es batu. Bukan hanya itu saja namun kini seledri juga bisa anda konsumsi sebagai camilan yang menyehatkan. Persiapkan saja batang seledri yang masih segar kemudian potong menjadi ukuran sedang dan belah menjadi dua bagian. Jangan lupa menambahkan dua sendok helai kacang pada batang seledri ini. Camilan pun kini siap untuk dinikmati.

Memang tak sulit sekali untuk bisa mengambil manfaat daun seledri ini. Nyatanya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengolah daun seledri menjadi beragam cara sesuai dengan selera.

Manfaat Daun Seledri di Dapatkan Dari Minyaknya:

Mungkin masih belum banyak yang mengerti apa saja manfaat yang bisa di peroleh dari daun seledri ini. Padahal sebetulnya cukup banyak juga penyakit yang bisa disembuhkan dengan ramuan dari daun seledri ini. Cara meramu daun seledri menjadi obat pun mudah sekali dengan adanya tambahan bahan yang lainnya mampu membuatnya semakin bermanfaat.

Kini minyak tanaman seledri ini bisa anda manfaatkan pula untuk menstabilkan siklus haid yang tadinya tidak teratur, menyembuhkan penyakit demam bahkan juga mampu mengembalikan kelemahan gairah. Air hasil dari rendaman seledri pun juga bisa di manfaatkan untuk memberishkan kulit kepala saat sore hari. Sehingga kutu rambut maupun ketombe pun bisa hilang.

Sementara itu kegunaan dari seledri bagi perawatan kesehatan pasca ibu menyusui bisa didapat dengan cara memakannya. Hal ini memang sangat membantu sekali dalam hal mengobati kongesti pada ibu yang sedang menyusui. Itulah tadi sekilas pembahasan mengenai manfaat dari daun seledri ini. Kini anda tak perlu ragu lagi untuk mencoba membuat ramuannya jika anda menderita salah satu penyakit diatas.

Jika cara alami saja tersedia, lebih baik mencobanya terlebih dahulu sebelum akhirnya mengkonsumsi berbagai macam obat-obatan. Seledri memang menjadi salah satu sayuran yang sering dipergunakan dalam masakan sop. Tangkai dari seledri ini tidak berkayu bahkan daunnya saja mempunyai bau yang harum.