10 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

0
Manfaat Daun Sirsak

Maknai.comManfaat daun sirsak kini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Daun sirsak ini sangat banyak sekali manfaatnya, karena memiliki banyak sekali kandungan yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Daun sirsak ini memang mempunyai kandungan khusus dapat mengatasi dan juga mengobati berbagai penyakit-penyakit kronis. Maka, tidak heran apabila banyak peneliti yang sangat tertarik di dalam meneliti khasiat buah sirsak ini. Nah, kali ini kita akan mengulas lebih detail tentang manfaat dan juga khasiat dari daun sirsak ini.

Manfaat daun sirsak ini bisa menjadi salah satu sumber obat alternatif telah menjadi sangat populer akhir-akhir ini karena tidak ada penggunaan bahan kimia buatan manusia. Zat alami ini sangat bermanfaat dan bermanfaat dalam mengobati sejumlah masalah kesehatan.

Salah satu zat alami yang paling populer dalam hal ini adalah daun Sirsak. Ini adalah tanaman hijau dan berdaun lebar dengan tanaman berbumbu hijau besar yang berasal dari hutan Amerika Tengah dan Selatan, Afrika dan Karibia, dan bahkan di Asia Tenggara, dimana juga dibudidayakan secara komersial.

Sirsak juga dikenal sebagai Graviola dan nama ilmiahnya adalah Annona muricata. Buahnya memiliki rasa manis dan asam yang sangat lezat dimana suatu tempat memiliki kesamaan dengan kombinasi rasa stroberi dan nanas. Daging buah putih, juicy, pulpy dan lembut yang sedikit asam dari buah ini terlihat mirip dengan apel puding.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan:

Asam Urat

asam urat

Dalam mengobati penyakit asam urat, Anda juga bisa membuat semacam ramuan yang terbuat dari daun sirsak. Langkah-langkah penggunaan:

– Ambillah daun sirsak tersebut 6 hingga 10 lembar, dan bersihkan memakai air yang bersih.
– Potong daun sirsak tersebut menjadi beberapa bagian, agar sari-sari yang ada pada kandungan daun tersebut bisa tercampur dengan air secara maksimal.
– Ambil kurang lebih dua gelas air saja dan rebus dengan daun sirsak yang sudah bersih tersebut.
– Tunggu hingga tersisa satu gelas air, kemudian minumlah secara teratur dua hingga 3 kali sehari.

Manfaat daun sirsak ini selain untuk mengobati asam urat, juga dapat mengobati penyakit diabetes. Hal ini menjadi kabar terbaik buat kita semuanya tentunya.

Obat Luka Luar

Luka

Manfaat daun sirsak ini dapat menyembuhkan penyakit luar. Obat ini juga dapat Anda gunakan untuk Anda yang tengah mengalami luka pada bagian kulit-kulit yang eksim, karena terjatuh. Cara menggunakan daun sirsak ini adalah:

– Haluskan buah naga tersebut kemudian oleskan pada bagian yang luka.
– Tempelkan pada bagian kulit yang terluka kurang lebih selam 30 menit.
– bersihkan memakai air bersih.

Mengapa buah sirsak ini dapat mengobati luka luar? Karena di dalamnya terkandung fosfor dan juga kalsium. Buah ini diperkaya akan mineral lainnya yakni tembaga, yang dapat membantu di dalam penyerapan kalsium di dalam tulang.

Sakit Punggung

sakit punggung

Manfaat daun sirsak ini juga dapat mengatasi penyakit punggung. Masalah sakit punggung ini sering kali dialami oleh kebanyakan orang, terutama pada kaum lanjut usia. Cara penggunaannya juga sangat mudah:

– Rebus daun sirsak ini sebanyak 20 lembar saja dengan menggunakan 5 gelas air, hingga air tersebut mendidih dan tersisa hanya 3 gelas saja.
– Setelah itu Anda bisa langsung meminumnya satu kali dalam satu hari ¾ cangkir saja.

Selain untuk mengobati sakit punggung, daun sirsak ini juga memiliki khasiat di dalam mengobati penyakit lain, misalnya seperti meningkatkan kekebalan tubuh.

Diabetes

diabetes

Manfaat daun sirsak ternyata juga dapat mengobati penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena di dalamnya terkandung berbagai nutrisi penting di dalam meningkatkan stabilitas jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia. Langkah-langkah di dalam penggunaannya:

– Anda harus siapkan daun sirsak kurang lebih 2 sampai 5 lembar.
– Kemudian bersihkan daun tersebut menggunakan air yang mengalir, hal ini agar kuman serta bakteri dapat hilang.
– Rebus daun sirsak ini dalam 3 gelas air hangat serta biarkanlah hingga menyusut menjadi 1 gelas air saja. Bagi penderita penyakit diabetes, minumlah ramuan-ramuan tersebut secara rutin 3 sampai 4 hari.
– Lakukan di pagi dan juga malam hari, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Daun sirsak ini dapat Anda suguhkan dalam bentuk jus atau juga mungkin Anda bisa konsumsi langsung. Selain itu daun sirsak ini juga tidak kalah menariknya untuk kita bahas. Utamanya mengenai cara-cara di dalam mengolah daun sirsak untuk obat bagi orang yang menderita penyakit diabetes.

Antibodi

lari pagi

Manfaat daun sirsak lainnya adalah dapat Anda gunakan sebagai antibodi. Perlu juga Anda tahu, daun ini memiliki kandungan antioksidan serta nutrisi yang lainnya sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat menghindari dari infeksi. Langkah-langkah penggunannya:

– Rebus daun sirsak tersebut sebanyak 4 hingga 5 lembar menggunakan 4 gelas air minum hingga tersisa hanya 1 gelas saja.
– Minum secara teratur minimal 1 kali dalam sehari.

Selain itu juga ingat Anda harus sering berolah raga dan juga menghirup udara yang segar. Kemudian jauhi asap rokok dan biasakan berpola hidup yang sehat. Kemudian makan buah-buahan seperti pisang emas serta ubi ungu.

Membantu Meredakan Nyeri Otot

nyeri otot

Manfaat daun sirsak yang sudah direbus salah satunya adalah meredakan nyeri pada otot. Hal tersebut disebabkan terdapat kandungan pada daun tersebut yang dapat merelaksasikan otot, sehingga nyeri pada bagian otot semakin berkurang. Berikut cara-cara pengobatannya:

– Ambillah secukupnya daun sirsak tersebut dan cuci hingga bersih.
– Tumbuk daun sirsak tersebut dan tempel pada bagian yang terasa nyeri.
– Lakukan hal tersebut sehari 2 kali saja.

Anda harus sabar di dalam mengobati dengan menggunakan daun sirsak tersebut, karena nyeri otot pengobatannya tidak hanya sekali saja, namun berulang-ulang agar menghasilkan kesembuhan yang maksimal.

Mengobati Wasir

wasir

Wasir adalah sejenis penyakit yang bisa menyerang rektum. Penyakit ini bisa sangat berbahaya karena bisa membuat pendarahan rektum, sehingga sangat menyakitkan untuk dirasakan setiap penderita hemoroid. Jika Anda ingin melindungi rektum Anda dari penyakit ini atau jika Anda ingin meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit ini, maka daun sirsak sangat bermanfaat bagi Anda. cara memakainya adalah:

– Pilih daun sirsak yang tua 10 lembar yang sudah bersih.
– Pilih daun sirsak yang sudah tua dan berwarna hijau tua.
– Rebus daun tersebut sebanyak 3 gelas hingga nanti jadi 2,5 gelas.
– Air siap diminum ketika sudah dingin dan lakukan ini berkali-kali minimal 2 kali sehari secara rutin.

Daun sirsak ini mengandung senyawa yang bisa menghentikan pendarahan rektum dan juga bisa membuat otot di sekitar rektum Anda menjadi lebih rileks dari sebelumnya. Sehingga akan meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh wasir.

Mengurangi Efek Samping Kemoterapi

kemoterapi

Penting untuk ditunjukkan di sini bahwa manfaat daun sirsak sebagai agen anti-kanker. Selain melengkapi obat kemoterapi, daun sirsak ini juga memberikan kelegaan dari efek sampingnya. Obat kemoterapi memiliki efek negatif pada sistem pencernaan pasien. Daun sirsak meningkatkan kesehatan pencernaan dan memberikan kelegaan dari beberapa masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan dan sembelit. Cara menyajikannya adalah:

– Siapkan 11 hingga 15 daun sirsak yang sudah kering atau basah. Jika Anda ragu maka gunakan timbangan digital sekitar 4 gram.
– Cucilah daun sirsak tersebut yang kering atau dalam yang basah dengan menggunakan air yang mengalir.
– Panaskan air 500ml di dalam kuali atau tembikar.
– Kemudian masukkan daun sirsak tersebut, maka Anda juga boleh mencacahnya hingga 3 bagian sebelum dimasukkannya.
– Rebuslah dengan menggunakan api kecil saja 15 hingga 20 menit saja sudah cukup.
– Tuangkan air rebusan daun sirsak tersebut ke dalam gelas, kemudian buanglah daunnya.
– Tunggulah hingga air menjadi hangat dan kemudian minumlah sampai habis.

Obat kemoterapi melemahkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi hadir dalam daun sirsak, terutama vitamin C, membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan mengurangi risiko terhadap infeksi seperti infeksi saluran kemih, dingin, dan batuk. Daun ini juga mengurangi jumlah sel darah dan trombosit. Sirsak meningkatkan sel darah dan jumlah trombosit Anda.

Mengobati Demam Dingin atau Migran

demam

Sirsak kaya akan vitamin C, sehingga membantu mengobati batuk dingin. Hal ini juga bermanfaat bagi orang-orang yang menghadapi kekurangan kalsium. Sirsak memiliki kandungan riboflavin, sehingga mencegah migrain. Cara pakai daun sirsak untuk mengobati Demam:

– Anda bisa menaruh beberapa daun sirsak di bak mandi dan memandikannya; ini akan membantu dalam mengobati migrain.
– Anda juga bisa menggunakan teh sirsak untuk menurunkan suhu tubuh.

Kandungan Antioksidan pada daun sirsak ini sangat efektif di dalam menangkal radikal-radikal bebas di dalam tubuh Anda. Radikal bebas tersebut adalah salah satu penyebab dari berbagai macam-macam penyakit yang tumbuh dalam tubuh kita. Maka dari itu radikal bebas ini sangat penting untuk di hilangkan.

Pengobatan Ulkus dan Ulkus Mulut

Salah satu manfaat daun sirsak ini adalah dapat membantu di dalam mengurangi ukuran borok dan kemudian menyembuhkannya. Ini mengobati bisul pada tubuh dan bisul mulut. Daun Sirsak juga sangat membantu mengurangi iritasi dan untuk menenangkan rasa sakit. Bagaimana cara menggunakan daun sirsak untuk mengobati ulkus:

– Anda dapat menyiram daun sirsak bersih dengan halus menjadi pasta yang halus dan menerapkannya pada bisul.
– Anda bisa langsung menjaga daun sirsak pada ulkus untuk memberi efek menenangkan.

Itulah salah satu manfaat daun sirsak yang dapat kita konsumsi setiap saat, karena di dalamnya terkadung banyak sekali nutrisi penting yang bisa mencegah terjadinya Ulkus.

Meredakan Rasa Sakit

Sakit

Menurut beberapa penelitian, daun sirsak mengandung sifat analgesik di dalamnya, yang akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit, baik secara internal maupun eksternal. Anda bisa mengaplikasikannya secara internal dengan mengunyahnya, atau Anda juga bisa menerapkannya secara eksternal dengan meletakkannya di luka terbuka Anda. Dalam kasus rasa sakit yang berlebihan, maka Anda lakukan beberapa langkah ini:

– Anda bisa merebus sekitar 20 daun sirsak dan mencampurnya dengan air
– Meminumnya setidaknya sekali sehari, masing-masing di pagi hari dan di malam hari.

Anda juga harus menyadari bahwa dalam mengobati dengan menggunakan daun sirsak tersebut, karena nyeri otot pengobatannya tidak hanya sekali saja, namun berulang-ulang agar menghasilkan kesembuhan yang maksimal.