2 Resep Mie Ayam Sederhana dan Lezat

Maknai.comResep Mie ayam, ini adalah salah satu makanan yang sangat digemari dan tersohor di Indonesia. Selain enak, harga mie ayam sendiri sangatlah terjangkau. Mie ayam ini bisa kamu temukan di pedagang pinggir jalan maupun di restoran-restoran lokal yang ada.

Mie ayam atau bakmi ayam merupakan masakan Indonesia yang terbuat dari mi kuning yang direbus mendidih, lalu ditaburi saos kecap khusus beserta daging ayam dan juga sayuran. Namun, tidak sedikit juga mie ayam ini suka ditambah dengan bakso, pangsit juga jamur.

Mie ini berasal dari Tiongkok, namun untuk mie ayam yang seperti di Indonesia tidak akan kamu temukan di Tiongkok. Di pasaran, mie dibagi ke dalam 3 jenis berdasarkan tingkat kematangannya, yaitu mie kering, mie basah, dan mie instant. Sesuai namanya, mie basah dijual dalam keadaan basah.

Mie basah adalah mie yang belum dimasak, memiliki kandungan air cukup tinggi yaitu sekitar 52%, cepat basi dan hanya bisa bertahan satu hari. Mie basah biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan mie ayam.

Mie ini aslinya berasal dari Tiongkok Selatan, terutama di daerah-daerah pelabuhan seperti Fujian dan juga Guandong. Walaupun mie ini bukanlah asli dari Indonesia, nyatanya sekarang mie ayam seakan-akan sudah menjadi makanan tradisional dari Indonesia, terutama daerah Jawa.

Resep Mie Ayam Sederhana dan Mudah:

mie ayam

Selain daripada itu, mie ayam juga terdiri dari beberapa variasi yang dapat kamu temukan di Indonesia, yakni:

– Mie ayam ceker
– Mie ayam bakso
– Mie ayam pangsit
– Mie ayam jamur

Setiap penjual mie ayam, pasti memiliki resep andalannya sendiri untuk meracik ayamnya. Walaupun begitu, ada beberapa bahan yang digadang-gadang sangat berperan dalam hal kelezatannya.

Daging ayam yang digunakan sebagai topping mie ayam, ada yang berupa ayam rebus yang dimasak menggunakan bumbu maupun yang dimasak tanpa bumbu.

Ada juga yang dimasak dengan menggunakan bumbu kecap dan juga bawang sehingga akan terlihat kecokelatan sedikit manis.

Jika diperhatikan dari segi harga. Apabila mie ayam tersebut murah, biasanya daging ayam dicampur dengan bagian kulit dan juga kerongkongan. Sedangkan jika harga mie ayam tersebut mahal, akan lebih banyak menggunakan daging ayam yang dicincang tanpa adanya lemak maupun kulit.

Berikut ini merupakan 4 bahan penting yang amat berperan dalam resep makanan mie ayam ketika menentukan kegurihan dari resep mie ayam tersebut.

Lemak Ayam

Lemak ayam ini biasanya dipotong-potong serta dilelehkan untuk menjadi minyak ayam. Lemak tersebut yang kemudian dicampurkan dengan minyak sayur sebagai campuran yang diaduk dengan mie sebelum diberikan topping.

Para penjual mie ayam biasanya melelehkan lemak ayam dalam jumlah banyak untuk ditaruh kedalam botol. Tujuannya agar mudah untuk digunakan maupun diracik dengan bahan lain.

Kecap Asin

Kecap asin ini digunakan untuk memberikan rasa asin atau gurih pada mie. Juga untuk memberikan warna sedikit kecokelatan kepada mie ayam.

Kecap asin ini akan dicampurkan dengan minyak ayam, lalu diberikan sedikit merica dan diaduk hingga benar-benar merata.

Mie yang dicelup air mendidih dalam keadaan panas tersebut diaduk dengan campuran minyak ayam dan kecap. Selanjutnya diberikan pelengkap atau topping.

Bawang

Bawang putih merupakan bumbu utama dalam pembuatan mie ayam. Untuk membumbui topping ayam atau kaldu ayam yang biasa disajikan bersama mie.

Ada beberapa penjual mie ayam yang menaburi mie dengan bawang putih cincang goreng.

Selain memakai bawang merah goreng sebagai taburan. Rasa renyah bawang dan aroma wanginya membuat mie ayam makin enak.

Mie

Beberapa penjual mie ayam biasanya membuat mie segar sendiri. Ini biasa dilakukan untuk penjual yang memiliki berbagai jenis mie dan banyak cabang.

Akan tetapi, ada juga yang membeli langsung dari produsen yang khusus membuat mie untuk mie ayam.

Resep Mie Ayam

Untuk resep mie ayam, ada beberapa tahap proses pembuatan masakan untuk resep mie ayam, yaitu mulai dari pembuatan mie sampai dengan cara membuat mie ayam dan penyajiannya itu sendiri.

Ada beberapa hal yang harus diketahui untuk membuat mie ayam yang mana merupakan resep mie ayam asli dari Indonesia.

Resep mie ayam ini sebenarnya cukup mudah dan bisa kamu pelajari, akan tetapi, untuk pembuatan mie diperlukan satu alat khusus, yakni mesin penggiling mie atau dikenal dengan noodle maker.

Harga mesin pembuat mie itu sendiri sekitar 2 jutaan. Dengan mesein tersebut, kamu dapat membuat aneka macam mie. Untuk tahap belajar, kamu dapat membeli langsung mie basah yang beredar di pasar, jadi tidak perlu membuat mie sendiri.

Resep Mie Ayam Special

Bahan Utama:

– Mie basah atau mie telor sekitar 500 gram (½ kg)
– Daging ayam sekitar 250 gram
– Tulang ayam 150 gram
– Minyak ayam 500 ml

Bahan Bumbu:

– Bawang putih 4 siung ukuran sedang
– Bawang merah 5 buah
– Ketumbar 1 sendok teh
– Kunyit sepotong sekitar 3 cm
– Kemiri 4 butir
– Jahe 1 ruas

Bahan Minyak:

– Minyak goreng ½ liter
– Bawang putih 125 gram
– Kulit ayam 75 gram
– Ketumbar 75 gram

Bahan-Bahan Lain:

– Air bersih sebanyak diperlukan
– Lada bubuk ½ sendok teh
– Daun caisim secukupnya
– Kecambah secukupnya
– Kecap manis, kecap asin, dan kecap inggris masing masing 1 botol kecil

Cara Membuat Mie Ayam:

1. Rebus 250 gram daging ayam hingga matang. Kemudian angkat dan tiriskan, sementara air rebusan jangan dibuang untuk tambahan membuat kaldu
2. Pisahkan tulang dan dagingnya, potong potong daging ayam kecil kecil sesuai selera
3. Selanjutnya haluskan bumbu halus (bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, kemiri, dan jahe). Tumis dengan sedikit minyak sayur hingga matang
4. Taburkan penyedap rasa dan garam secukupnya hingga cita rasanya enak dan sesuai dengan selera
5. Angkat dan tempatkan dalam wadah yang telah disediakan

Setelah itu, yang perlu kamu lakukan adalah membuat kaldunya

Cara Membuat Kaldu:

1. Rebus kembali bekas air rebusan ayam dan tambah dengan tulang ayam, tambahkan air bersih hingga mencapai sekitar 2 liter
2. Tunggu hingga mendidih dan terlihat genangan minyak
3. Tambahkan lada bubuk paling tidak sekitar ½ sendok teh
4. Tambahkan juga garam secukupnya
5. Air kaldu sudah jadi dan siap digunakan

Membuat Minyak Ayam:

Minyak ayam ini ada baiknya kamu buat sendiri, selain lebih enak, juga akan lebih diperhatikan kualitasnya. Sediakan saja ketumbar, bawang putih dan minyak sayur.

Proses Pembuatan:

1. Masukkan segulung mie ke dalam air mendidih, masukkan juga irisan daun caisim dan kecambah secukupnya
2. Sementara siapkan mangkok sajian dan tambahkan sekitar 2 sendok minyak ayam dan penyedap rasa secukupnya
3. Masukkan mie kedalam mangkok sajian
4. Tambahkan masakan ayam secukupnya dan siram dengan air kaldu
5. Tambahkan kecambah dan bahan sayuran lain sesuai selera
6. Tambahkan juga saus sambal atau bisa juga tambah lagi dengan sedikit sambal balado
7. Mie ayam spesial siap dinikmati

Itulah resep mie ayam yang dapat kamu tiru atau praktekan di rumah. Meskipun bahan-bahannya cukup rumit. Namun nyatanya proses pembuatannya sangatlah mudah.

error: Maaf, jangan COPAS hihi