2 Resep Nasi Kuning Spesial dan Praktis

Maknai.comResep Nasi Kuning, merupakan makanan tradisional khas dari Indonesia, Resep Nasi Kuning ini adalah salah satu makanan yang terbuat dari beras yang dimasak bersamaan dengan kunyit serta santan dan juga rempah-rempah.

Dengan ditambahkannya beberapa bumbu serta santan, resep nasi kuning ini akan memeiliki cita rasa yang lebih gurih dibandingkan nasi putih. Resep Nasi Kuning ini salah satu variasi dari nasi putih yang kerap digunakan sebagai tumpeng.

Nasi kuning juga biasa disajikan dengan bermacam lauk pauk khas dari negara Indonesia. Pada tradisi Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur.

Maka dari itu, nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. Dalam tradisi Bali, warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Nasi kuning oleh karena itu sering dijadikan sajian pada upacara kuningan.

Resep Nasi Kuning Biasa Dibuat Sebagai Tumpeng:

Jika belum tahu apa itu tumpeng. Tumpeng merupakan cara penyajian nasi beserta lauk-pauknya dalam bentuk kerucut karena itu disebut pula ‘nasi tumpeng’. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, meskipun kerap juga digunakan nasi putih biasa atau nasi uduk.

Cara penyajiannya sendiri sangatlah khas dari Jawa atau masyarakat Betawi yang keturunan Jawa. Biasanya, dibuat pada saat kenduri atau perayaan suatu kejadian/peristiwa penting.

Tumpeng ini umumnya disajikan di atas tampah dengan dialasi oleh daun pisang. Tampah ini adalah wadah bundar tradisional yang terbuat dari anyaman bambu.

Pada masyarakat di pulau Jawa, Bali dan Madura memiliki kebiasaan membuat tumpeng untuk kenduri atau merayakan suatu peristiwa penting,seperti perayaan kelahiran atau ulang tahun dan berbagai acara syukuran lainnya.

Tumpeng ini berasal dari tradisi purba masyarakat Indonesia, yang mana memuliakan gunung sebagai tempat bersemayamnya para hyang atau arwah leluhur.

Falsafah tumpeng berkaitan sangat erat dengan kondisi geografis Indonesia, terutama pulau Jawa, yang dipenuhi jajaran gunung berapi.

Namun, selepas masyarakat Jawa menganut dan dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu, akhirnya nasi yang dicetak berbentuk kerucut pun dibuat yang dimaksudkan untuk meniru bentuk gunung suci mahameru.

Untuk lauk pauknya sendiri, tidak ada lauk pauk baku untuk menyertai nasi tumpeng tersebut. Hanya saja, beberapa lauk yang biasa digunakan adalah perkedel, abon, kedelai goreng, telur dadar atau telur goreng, timun yang dipotong dan terakhir daun seledri.

Selain itu, variasinya sendiri melibatkan tempe kering, serundeng, urap kacang panjang, ikan asin dan masih banyak lagi.

Dari makna tradisional tumpeng, sangat dianjurkan bahwa lauk pauk yang digunakan harus terdiri dari hewan darat, hewan laut dan sayur-sayuran. Setiap lauk ini memiliki pengartian tradisional dalah hal budaya Jawa dan juga Bali.

Tumpeng ini memiliki variasi yang beragam, diantaranya:

Tumpeng Royong

Tumpeng ini dapat disajikan pada upacara siraman dalam pernikahan yang dilaksanakan dengan ada Jawa.

Tumpeng ini diletakkan ke dalam bakul dengan berbagai macam sayuran. Pada bagian puncak atau atasnya, diletakkan sebuah telur ayam, terasi, bawang merah dan terakhir adalah cabai.

Tumpeng Nujuh Bulan

Tumpeng ini digunakan pada syukuran kehamilan tujuh bulan. Tumpeng satu ini sedikit berbeda, karena terbuat dari nasi putih.

Selain satu kerucut besar di tengah, tumpeng ini dikelilingi enam buah tumpeng kecil lainnya. Biasa disajikan di atas tampah yang dialasi daun pisang.

Tumpeng Nasi Uduk

Tumpeng nasi uduk ini kerap dikenal dengan tumpeng tasyakuran. Tumpeng satu ini biasa digunakan untuk peringatan Maulud Nabi.

Tumpeng Pungkur

Tumpeng pungkur, salah satu tumpeng yang digunakan pada saat kematian seorang wanita atau pria yang masih lajang atau belum menikah.

Tumpeng pungkur terbuat dari nasi putih yang disajikan dengan lauk pauk sayuran. Tumpeng ini dipotong vertikal dan diletakkan saling membelakangi.

Tumpeng Putih

Sama halnya dengan namanya. Tumpeng ini terbuat dari nasi putih yang menggambarkan kesucian dalam adat Jawa. Tumpeng putih biasa digunakan untuk acara yang sangat sakral.

Cara Membuat Nasi Kuning

Setelah kamu ketahui bagaimana asal-usul dari Nasi kuning dan disaat seperti apa saja nasi kuning digunakan. Sekarang lanjut ke cara membuat nasi kuning itu sendiri, kamu dapat mempraktekkannya di rumah.

Resep Nasi Kuning dengan Rice Cooker

nasi kuning

Bahan Utama:

– 500 gram beras, cuci bersih
– 1 batang serai
– 4 lembar daun salan
– Air secukupnya
– 65 ml santan kelapa instan

Bahan Bumbu:

– 2 siung bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 2 cm kunyit atau menggunakan kunyit bubuk 1 sendok makan
– Garam secukupnya
– Bumbu Penyedap secukupnya

Bahan Pelengkap:

– Abon Daging
– Telur yang sudah diiris
– Sambal
– Kerupuk goreng
– Bawang goreng
– Daun kemangi dan mentimun sebagai lalapan

Cara Membuat:

1. Langkah pertama ketika kamu hendak membuat nasi kuning menggunakan rice cooker, yakni siapkanlah beras yang sudah dicuci sisihkan
2. Setelah bersih mencuci berasnya kemudian masukan ke dalam rice cooker, tambahkan air dan semua bumbu yang sudah dihaluskan.
3. Aduk hingga bumbunya tercampur rata tambahkan daun salam dan daun serai untuk menambah aroma harum. Jangan lupa tambahkan penyedap rasa atau bumbu kaldu bubuk
4. Nyalakan rice cooker hingga nasi benar-benar matang. Untuk hasil yang maksimal, ketika sudah matang, aduk terlebih dahulu kemudian nyalakan kembali hingga 10 menit
5. Nasi kuning siap disajikan dan disantap bersama keluarga kamu

Resep Nasi Kuning Komplit

nasi kuning

Bahan Utama:

– 1 liter beras yang berkualitas baik
– 3 cm kunyit, kupaslah kulitnya dan parut halus
– 3/4 liter air santan
– 3 lembar daun salam, cuci hingga bersih
– 1 batang serai, memarkan
– 1 sendok teh garam dapur halus
– Haluskanlah 4 butir bawang merah
– Haluskanlah 2 siung bawang putih
– Haluskanlah 1 butir kemiri

Bahan Pelengkap:

– Tempe orek
– Telur dadar, diiris tipis
– Ayam goreng
– Tumis kentang
– Sambal

Cara Membuat:

1. Cuci beras dengan air sampai bersih dan air cucian bening, tiriskan
2. Campurkan parutan kunyit dengan 3 sendok makan lalu aduk rata dan peras airnya sembari disaring, lalu sisihkan
3. Kukus beras yang sudah dicuci bersih sampai setengah matang
4. Angkat dan masukkan kedalam baskom lalu tuang santan, air kunyit, bumbu yang dihaluskan, daun salam dan batang serai kedalam baskom yang berisi beras setengah matang
5. Aduk beras sampai bumbu tercampur rata dan santan meresap dengan beras
6. Tambahkan garam dan aduk lagi hingga merata
7. Kukus kembali beras yang sudah kamu bumbui tadi sampai matang dan empuk kira-kira selama 20 menit
8. Angkat dan sajikan nasi kuning dengan semua bahan pelengkap

Itulah beberapa resep nasi kuning yang dapat kamu pahami dan lakukan di rumah. Selain itu, memasak nasi kuning ini tergolong mudah bukan? Bahan-bahannya sendiri sangatlah mudah, kecuali jika kamu hendak membuat nasi kuning tumpeng, pasti bahan-bahannya akan sulit ditemukan.

error: Maaf, jangan COPAS hihi