Resep Nasi Liwet Enak dan Gurih

0
Resep Nasi Liwet

Maknai.comResep nasi liwet kali ini, dipastikan dapat membantu kamu ketika hendak melakukan makan bersama baik itu dengan teman maupun keluarga atau jika orang sunda biasa menyebutnya dengan “ngaliwet”.

Nasi liwet merupakan makanan khas kota Solo dan juga merupakan kuliner asli daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet ini adalah berupa nasi gurih yang dimasak dengan kelapa, sama halnya seperti nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam dan juga areh.

Penduduk kota Solo biasanya memakan nasi liwet setiap waktu mulai dari untuk sarapan, hingga nanti ketika makan malam. Nasi liwet juga biasa dijajakan keliling dengan menggunakan bakul bambu oleh para ibu-ibu yang menggendongnya setiap pagi atau mungkin dijual di warung lesehan.

Tempat yang paling terkenal untuk penjualan nasi liwet adalah di daerah Keprabon yang hanya berjualan pada malam hari. Akan tetapi, tidak semua orang dapat datang ke Keprabon untuk menyantap nasi liwet dikarenakan faktor jarak yang jauh, tidak ada waktu dan masih banyak lagi. Dengan begitu, saya akan berikan beberapa resep masakan nasi liwet yang dapat kamu buat di rumah sendiri.

Resep Nasi Liwet Sederhana Enak dan Gurih:

Resep Nasi Liwet Khas Sunda

nasi liwet

Resep nasi liwet satu ini sangatlah populer dan mudah ditemukan di pedagang pinggir-pinggir jalan maupun rumah makan. Penyajian nasi liwet ini masih dilakukan dengan cara tradisional. Nasi ini dihidadang dalam kastor atau pancil liwet dengan lauk ikan teri, tahu, tempe, sayur, cabe dan lainnya.

Kamu harus tahu juga, bahwa perbedaan dari nasi liwet khas sunda dengan nasi liwet khas jawa. Orang-orang sunda mengatakan bahwasanya nasi liwet sunda ini bukanlah untuk dijual melainkan dikonsumsi sendiri untuk penghematan di kebuh, dikarenakan masyarakat di sana memiliki kebuh yang jaraknya cukup jauh.

Proses memasaknya pun berbeda, jika nasi liwet solo memasaknya dengan menggunakan air santan yang dicampur beras ketika memasak, sedangkan liwet sunda ini tidak menggunakan santan.

Bahan-bahan yang diperlukan:
– 1 kg beras
– Air secukupnya atau seperti biasa saat memasak nasi
– 1 ons ikan teri digoreng

Bahan-bahan untuk bumbu:
– 6 siung bawang putih
– 5 lembar daun salam
– 2 batang serai
– Penyedap rasa secukupnya
– Garam secukupnya

Bahan-bahan untuk pelengkap:
– Tahu
– Tempe
– Mie
– Sambal
– Lalapan sesuai selera

Langkah-langkah membuat nasi liwet khas sunda:
– Pertama, kamu cuci beras yang akan dimasak hingga beras tersebut benar-benar bersih, kemudian kamu sisihkan
– Selanjutnya, kupas lah bawang putih, lalu goreng bawang putih tersebut hingga bawangnya kering dan juga tercium bau harum, lalu tiriskan.
– Kemudian, masak nasi. Tuangkan air secukupnya dan masukkan beras tersebut ke dalam rice cooker. Kamu mungkin bisa juga menambahkan Air ketika kamu sedang memasak, biasanya agar lebih enak. Namun itu sesuai selera si pembuat
– Setelah itu, kamu tambahkan ikan teri yang telah digoreng
– Lalu, Masukkan lah serai, daun salam, bawang putih goreng, penyedap rasa, dan juga garam ke dalam rice cooker
– Kemudian, aduk hingga semua bumbu tersebut berbaur secara merata, lalu kamu masak selama 30 menit
– Angkat dan sajikan
– Nasi liwet khas sunda siap disantap

Nasi liwet khas sunda ini sangatlah mudah untuk dibuat, biasanya masyarakat (orang Sunda) memakan nasi liwet pada saat tengah malam, beramai-ramai memasak nasi dengan cara yang lebih tradisional. Ada yang menggunakan rice cooker, ada juga yang tidak menggunakan rice cooker sama sekali. Memasaknya sendiri bukanlah di dapur, melainkan di luar ruangan.

Nasi liwet sunda ini selalu disajikan di dalam kastrol atau ketelnya, yang mana tempak memasak nasi tersebut dengan tujuan agar nasi tetap hangat meskipun ditutup rapat. Nasi liwet ini juga disajikan bersamaan dengan lauk baik itu peda merah, ikan kembung, maupun ikan asin yang sudah dipindang. Juga lalapan dan sambal terasi tentunya.

Resep Nasi Liwet Khas Solo

nasi liwet solo

Nasi liwet khas solo ini adalah salah satu masakan yang mencampurkan antara nasi hangat, dengan ayam areh, sayur labu siam dan juga telur pindang. Kamu bisa membuatnya sendiri dirumah, asalkan ada bahan-bahan yang dibutuhkan, kemungkinan untuk daerah luar jawa akan sedikit kesulitan dalam mencari bahan-bahannya.

Ciri khas dari nasi liwet ini selain dengan beragam lauk pauk seperti ayam opor dan sambal jipang, yakni adalah arehnya, yang mana merupakan endapan atau gumpalan santan. Jadi selain menambah rasa gurih, nantinya akan menambah protein menjadi lebih tinggi seperti halnya daging.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– 400 gr beras, cuci bersih
– 700 ml Santan dari ½ butir Kelapa
– 2 lembar Daun Pandan
– 2 lembar Daun Salam
– 1 batang Serai, memarkan
– ½ sdt Garam

Bahan-bahan untuk ayam areh:
– 1 ekor Ayam, potong lah menjadi 4 bagian
– 1 sdt Ketumbar Halus
– 2 lembar Daun Salam
– 1 sdt Garam
– 2 sdt Gula Merah
– 2 gelas Air Kelapa

Bahan-bahan untuk bumbu halus (untuk ayam areh):
– 4 siung Bawang Putih
– 6 butir Bawang Merah
– 3 butir Kemiri
– 3 cm Lengkuas
– ½ sdt Terasi

Bahan-bahan untuk areh:
– 1 gelas Santan Kental dari ½ butir Kelapa
– 3 lembar Daun Salam
– 3 cm Lengkuas, memarkan
– ½ sdt Garam

Bahan-bahan untuk sayur labu siam:
– 1 buah Labu Siam, kupas dan potong-potong sebesar batang korek api
– 3 cm Lengkuas, memarkan
– 2 lembar Daun Jeruk Purut
– 2 lembar Daun Salam
– 2 gelas Santan dari ¼ butir Kelapa
– Garam secukupnya
– Gula secukupnya

Bahan-bahan untuk bumbu halus (untuk sayur labu siam):
– 2 sendok makan Minyak
– 3 siung Bawang Putih
– 6 butir Bawang Merah
– 2 buah Cabai Merah, buang bijinya
– Telur Pindang

Bahan-bahan untuk telur pindang:
– 6 butir telur
– 1 genggam Kulit Bawang Merah
– 3 cm Lengkuas, memarkan
– 2 lembar Daun Salam
– 1 sendok teh Garam
– 1 gelas Air

Langkah-langkah membuat nasi liwet:
– Pertama kamu masak lah beras dan juga semua bahannya ke dalam panci hingga santannya mengering
– Lalu, kamu tutup panci tersebut dan api dikecilkan, kemudian kamu masak selama kurang lebih 20 menit. Lalu, angkat
– Biarkan panci dalam keadaan tertutup selama 30 menit lagi hingga nasi matang
– Untuk ayam arehnya. Pertama kamu baluri ayamnya dengan bumbu halus
– Kemudian kamu masak lah dengan sisa bahan lainnya hingga ayamnya benar-benar terasa empuk, lalu angkat
– Sekarang, kamu buat arehnya, yakni dengan masak semua bahannya sampai matang dan juga kental
– Sajikan ayam dengan arehnya
– Sekarang adalah membuat sayur labu siam. Pertama kamu panaskan minyak, kemudian kamu tumis bumbu halusnya hingga tercium bau harum
– Setelah itu, masukkan labu siam dan sisa bahannya, lalu kamu aduk-adukkan dan masak hingga labunya matang
– Terakhir membuat telur pindangnya. Pertama kamu masak telurnya bersamaan dengan bahan-bahan lainnya dengan menggunakan api kecil hingga telur matang dan warna kulit kecokelatan
– Angkat dan retakkan kulit telurnya, lalu kamu rebus kembali sebentar dan kupas
– Nasi Liwet siap disantap

Nasi liwet satu ini cukup memakan waktu yang cukup lama, juga bahan-bahannya cukup sulit untuk dicari. Terutama bagi kamu yang tinggal di luar pulau Jawa. Akan tetapi, kamu mungkin bisa mengkreasikannya sendiri dengan mengganti beberapa bahan yang mungkin tidak bisa kamu temukan. Nasi liwet ini disarankan untuk disantap bersama-sama baik keluarga maupun kerabat dekat lainnya.

Resep Nasi Liwet Teri Khas Sunda

nasi liwet sunda

Nasi liwet teri ini sudah tidak asing didengar bagi kamu yang tinggal di daerah Jawa Barat, seperti bandung, ciamis, garut dan sekitarnya. Bagaimana tidak, nasi liwet sendiri sudah menjadi makanan yang harus tersedia pada saat atau pada acara tertentu yang dapat dinikmati setiap saat. Apabila kamu belum pernah, mencobanya, berarti kamu harus membuatnya sendiri, karena dijamin akan ketagihan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Beras pulen 1 liter (jika ada)
– Air bersih secukupnya
– Bawang putih 6 siung
– Daun serai 2 batang, digeprek
– Daun salam 5 lembar
– Garam secukupnya
– Penyedap rasa, mau itu royco, masako atau apapun itu
– Ikan teri 1 ons

Langkah-langkah membuat nasi liwet teri khas sunda:
– Pertama-tama, yang harus kamu lakukan adalah membersihkan beras pulen 1 liter tadi dengan sangat bersih
– Kemudian, kamu kupaslah bawang putih, lalu goreng bawang putih tersebut hingga bawang putih benar-benar kering dan tercium bau harum, dan tiriskanlah
– Masukkan air dan beras ke dalam rice cooker. Ketika memasak nasi liwet, tambahkanlah air sedikit, berbeda dengan memasak nasi seperti biasanya
– Selanjutnya, kamu masukkanlah ikan teri, daun serai, daun salam, penyedan rasa, garam dan juga bawang putih yang sudah digoreng ke dalam rice cooker
– Terakhir, aduklah hingga bumbu tadi meresap dan merata, lalu tuggu hingga benar-benar masak
– Nasi liwet teri siap disantap

Nasi liwet teri ini sangatlah cocok untuk disantap dengan lalap dan sambal. Tidak lupa juga kamu harus menambahkan beberapa bahan pelengkap lainnya, seperti halnya tempe, tahu, kerupuk, mie (jika kamu suka) agar nasi liwet menjadi lebih komplit dan sedap. Nasi liwet teri ini mungkin sangat cocok dengan sambal terasi, sehingga akan membuat nasi liwet semakin lebih segar dari kebanyakan nasi liwet.

Itulah beberapa resep nasi liwet untuk kamu praktekkan di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana namun tetap saja nikmat. Kamu tidak perlu repot-repot untuk memasak di luar seperti metode tradisional, cukup menggunakan rice cooker saja agar proses pembuatan lebih cepat, karena biasanya jika tidak menggunakan rice cooker bisa memakan waktu berjam-jam lamanya.

Semoga beberapa resep di atas bermanfaat dan dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk ke depannya. Selamat mencoba.